Foto Test Drive Daihatsu Sirion

Test Drive Daihatsu Sirion (2015)

 
Kelebihan
Lincah, karakter hidup dari mesin, warna atraktif, eksterior Sporty, konsumsi BBM, ruang kaki belakang lega
Kekurangan
Posisi mengemudi agak tinggi, tanpa headrest belakang, audio rumit, tanpa auto-lock
Kondisi Pengetesan
Waktu : 21-Dec-2015 10:00
Permukaan Jalan : Aspal
Cuaca : Cerah
Beban Penumpang : 67 Kg
Bahan Bakar : 50 %
Tekanan Ban Depan: 32 psi
Tekanan Ban Belakang: 32 psi
Suhu udara : 28 °C

Mobil kecil untuk perkotaan tanpa buntut atau biasa disebut hatchback merebak mulai tahun 1980an, hingga kini semakin banyak pilihan merek yang dapat dimiliki untuk digunakan sebagai moda transportasi harian. Tidak heran, Daihatsu terus menghadirkan line up jenis ini sejak Charade hingga Sirion saat ini.

Menjanjikan keiritan konsumsi bahan bakar, menjadi alasan utama mobil jenis ini laris di pasaran. Selain dimensi mungil dianggap ringkas untuk membelah kepadatan lalu lintas perkotaan. Pilihan warna lebih atraktif pun dihadirkan guna menangkap minat generasi muda berkembang saat ini. Akhirnya hatchback yang juga citycar ini diminati sebagai kendaraan harian utama untuk bekerja, kuliah bahkan sekolah. 

Dari segi desain versi facelift ini cukup signifikan perbedaannya. Sirion anyar lebih mengentalkan kesan sporty di berbagai sisi. Seperti bumper depan yang lebih modern dengan penggunaan spoiler yang menyatu pada bagian bawah dengan aplikasi gril model honeycomb ekstra besar dan tampak menyatu dengan bagian bawah bumper dengan ornamen karbon sebagai pemisah. 

Pada buritan, ada aplikasi bemper berongga honeycomb besar ditambah air diffuser. Walau efek diffuser tak terasa di mobil bertenaga kecil seperti ini, toh ia juga turut mengentalkan aura racing pada mobil yang didatangkan bulat dari Malaysia tersebut. Tidak lupa Daihatsu menyematkan spoiler pada pintu bagasi agar sisi belakang tidak dibiarkan polos.

Lampu kota depan menggunakan LED dengan bentuk garis melebar disertai lampu rem belakang LED memanjang ke bawah makin memberikan kesan kekinian pada Sirion ini.

 

Penampilannya positif pula di belakang. Diffuser dan bumper menambah kesan sporty

 

Tak banyak tenaga yang bisa diharapkan dari mesin berkode K3-VE berkapasitas 1.298 cc nya. Walau mesin ini menggunakan noken as ganda dengan pergerakan katup bervariabel (DOHC VVT-i),  hanya menghasilkan tenaga 89 dk pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 117  Nm pada 4.400 rpm.  Namun akselerasi selama 10,8 detik untu 0-100 km/jam berhasil didapat oleh mobil dengan transmisi manual lima percepatan ini. 

Pada penggunaan jalan bebas hambatan di kecepatan tinggi, Sirion memang dirasa sedikit limbung, Anehnya saat digunakan di daerah jalanan pegunungan dengan banyak kelokan, mobil yang di Negeri Jiran dinamakan Perodua MyVi ini, memberikan manuver yang cukup presisi. Apakah karena bobot reviewer yang mencapai 130 kilogram cukup mengurangi ground clearance sehingga mobil lebih rapat dengan aspal?

Penggunaan dalam kota dengan arus lalu lintas yang padat Sirion menghabiskan seliter bahan bakar RON 92 sejauh 12,8 kilometer. Sedangkan untuk jalan tol yang relatif konstan kecepatannya perlu 19,4 kilometer untuk menghabiskan seliter bahan bakar bensin.

 

Mesin 4 silinder yang diusungnya terasa responsif. Pemakaian bahan bakar juga irit

 

Tidak salah jika mobil ini digunakan untuk kaum urban masa kini baik pria maupun wanita. Sirion menyediakan tiga buah cup holder untuk sekedar menaruh gelas kopi Anda saat perjalanan menuju tempat beraktivitas, satu buah di depan kisi AC supir dan dua buah di  bawah dasbor.

Sementara laci tertutup di bawah jok penumpang kiri depan rasanya cukup untuk menaruh dua pasang flat shoes, bahkan wedges untuk para wanita yang sedang meniti karir. Total ada tiga buah laci penyimpanan tertutup di Sirion. Satu pada dasbor, satu lagi pada bagian kanan bawah dekat supir untuk sekedar menaruh uang parkir. 

Demi keamanan dan keringkasan berkendara, Daihatsu menyediakan empat laci terbuka untuk meletakkan gadget atau barang bawaan agar tetap mudah dijangkau bila sedang ingin digunakan.

Ruang bagasi menawarkan kelapangan yang cukup untuk membawa barang keperluan. Untuk membeli air mineral kemasan galon atau sesekali diajak berbelanja bulanan bukanlah masalah bagi Sirion. Apalagi kelapangan ruang bagasi yang lebih mudah didapat hanya dengan melipat bangku penumpang bagian belakang saja. Lantai ruang yang rata mulai dari belakang bagasi hingga balik kursi penumpang depan pun telah didapat. 

 

Kabinnya simpel dengan desain dasbor menarik. Material kabin masih plastik keras normalnya mobil di kelas ini

 

Dibanding para kompetitor, Sirion memiliki beberapa kelebihan. Di kelas citycar hatchback, hanya andalan Daihatsu inilah yang memiliki fitur auto retractable mirror. Artinya kaca spion Sirion mampu melipat dan membuka secara otomatis dengan menekan tombol.

Sebagai hiburan kala berkendara, CD Audio, Mp3, USB dan Aux melengkapi radio pada headunit yang menyatu dengan dasbor. Sementara agar bertelepon tidak menggangu konsentrasi mengemudi, koneksi Bluetooth phone pun tersedia melengkapi fitur Bluetooth untuk mengoneksikan lagu pada smartphone anda. Namun pengaturan audionya agak rumit dan membutuhkan adaptasi.

Saat melintasi jalanan rusak, suspensi Sirion terhitung memberikan peredaman yang cukup keras namun tak berlebihan. Tubuh penumpang tidak akan seperti dibanting-banting saat di dalam kabin. Busa jok yang cukup tebal pun turut  memberikan redaman ekstra dari guncangan suspensi.

Dengan tinggi badan 172 cm, tidak sulit untuk keluar-masuk kabin. Bahkan pada jok penumpang belakang. Ruang kepala pun masih mendapatkan jarak aman dengan atap. Demikian dengan ruang kaki yang masih mendapat ruang gerak saat duduk. 

Warna pada jok mobil yang baru di rilis Februari 2015 silam ini cukup atraktif, Daihatsu tampak ingin mempertahankan nuansa sporty hingga ke bagian dalam. Jok berbahan fabric warna hitam dengan jahitan double stitch berwarna merah seakan-akan membuat pengemudi membayangkan sedang berada pada kabin sebuah mobil sedan super kencang. Namun ini tetaplah Sirion 

 

Posisi mengemudi terasa agak tinggi untuk pemilik postur di atas 170 cm. Material jok terlihat cukup baik

 

Ditambah setir palang tiga dengan multi switch control juga turut memberikan kesan yang sporty. Terbungkus kulit warna hitam yang nyaman di tangan, setir ini pun juga ditambah aksen jahitan berwarna merah. Agar tampak serasi, shift knob berbahan dasar kulit pun turut terpasang pada tuas perpindahan gigi pada transmisi manual.

Daihatsu hingga saat ini hanya menyediakan satu varian untuk Sirion yakni 1.3D. Namun konsumen diberikan pilihan transmisi manual dan otomatik. Untuk varian bertransmisi pintar, Daihatsu membanderol Sirion seharga Rp 166,825 Juta saat kami mengetesnya.

 

Bramantia Tamtama

 

 

 

Data Tes dan Spesifikasi Daihatsu Sirion (2015)

Untuk melihat data tes kami terhadap mobil ini, silakan pilih varian yang diinginkan:

Varian Spesifikasi Harga
D FMC A/T
  • Mesin : 4 Silinder, 1298 cc
  • Transmisi : otomatis 4 speed
  • Penggerak : Front Wheel Drive
  • 0-100 km/jam : 14.00 detik
Rp 168.325.000
D FMC M/T
  • Mesin : 4 Silinder, 1298 cc
  • Transmisi : manual 5 speed
  • Penggerak : Front Wheel Drive
  • 0-100 km/jam : 10.80 detik
Rp 155.825.000

Video Tes

CarReview.id

    Otorider.com

      Mirip Pencarian Anda

      Mazda 2

      Mazda 2

      Belakangan ini kita disodori mobil baru yang sebenarnya tidak baru. Lihat saja Honda Jazz atau Toyota Yaris yang mesin dan teknologi yang bisa dibilan...

      Hyundai Grand i10

      Hyundai Grand i10

      Awal tahun 2000 Hyundai meluncurkan i10, city car mungil dengan ruang terbatas, cocok untuk wara-wiri di dalam kota dengan konsumsi bahan bakar irit. ...