Xpander Pakai Kasur Untuk Mudik, Ini Kata Pakar Safety Driving

Xpander Pakai Kasur Untuk Mudik, Ini Kata Pakar Safety Driving

Sebuah Mitsubishi Xpander yang dipakai mudik dengan "fitur" kasur untuk ditiduri penumpangnya menuai perbincangan hangat. Hal yang sekilas terlihat unik dan lucu ini pun mengundang komentar pakar safety driving.

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Senior Safety Driving - Jakarta Defensive Driving Consulting menyayangkan keputusan pemilik Xpander tersebut. Sebab, melipat bangku dengan tujuan memasukkan kasur supaya penumpang bisa tidur merupakan pelanggaran kaidah safety driving.

Baca juga: Kenali 2 Gejala "Tidur" Yang Tak Disadari Saat Mengemudi

"Jika penumpangnya tidur di kasur seperti itu, maka tak akan terikat dengan sabuk pengaman, itu sangat bahaya," ujar Jusri  melalui sambungan telepon (28/6).

 

Apalagi pemilik Xpander warna silver tersebut juga mengatakan bahwa sempat melaju kencang di tol Bawen, Semarang. "Kalau misal mobil tersebut tabrakan, maka penumpang yang dalam posisi tidur dan tak terikat sabuk pengaman itu bisa terpental dan membentur seisi kabin," kata Jusri.

Motif pemilik Xpander yang diketahui bernama Ignatius Arif Setyadi ini adalah demi membuat istri-nya yang tengah hamil muda nyaman selama mudik ke Klaten, Jawa Tengah. Namun menurut Jusri, langkah pemilik Xpander memasukkan kasur sangatlah tidak bijaksana, karena malah bisa membahayakan penumpang.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Ini Dipakai Mudik Dengan "Fasilitas" Kasur Di Kabin!

"Kalau istri hamil ya sebaiknya tetap duduk di jok seperti biasa, kan bisa di-reclining. Atau kalau memang tak sanggup jalan jauh ya tunda dahulu perjalanannya," tutur Jusri.

Bahkan, masih menurut Jusri, pengemudi Xpander tersebut bisa saja ditilang polisi lalulintas karena dengan sengaja membiarkan penumpangnya tak mengenakan sabuk pengaman.
 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com