Wow, Beginilah Cara Bugatti Chiron Dibuat (10 FOTO)

Wow, Beginilah Cara Bugatti Chiron Dibuat (10 FOTO)

Chiron adalah generasi penerus dari Veyron yang merupakan sebuah hypercar yang dibuat oleh Bugatti. Mahakarya ini menggendong mesin 8.000 cc berkonfigurasi W16 dengan empat buah turbo. Bugatti mengkalim bahwa mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 1.500 dk dengan torsi 1.600 Nm.

Proses produksi mobil eksotis ini tentunya mengundang rasa penasaran. Beruntung Bugatti belum lama ini merilis foto-foto proses produksi Chiron yang dilakukan di markas pusatnya yang berada di Molsheim, Perancis.

 

 

Hendaknya Anda ketahui, Chiron baru diproduksi jika ada calon konsumennya sudah menyetujui segala konfigurasi yang diinginkan saat melakukan pemesanannya. Bugatti menyampaikan bahwa mereka setidaknya akan membuat 70 unit Chiron untuk 2017 ini.

Bugatti menyediakan 23 pilihan warna yang bisa dipilih oleh konsumen untuk warna eksteriornya. Jika pilihan warna tersebut masih kurang pas bagi konsumen, Bugatti juga menawarkan delapan macam pilihan corak karbon sebagai pilihan untuk eksterior Chiron.

 

 

 

Kemudian ada 31 pilihan warna kulit, delapan nuansa suede alcantara, 30 warna pilihan jahitan, 18 pilihan karpet, 11 pilihan warna seatbelt. Semua itu belum lagi termasuk pilihan untuk pembuatan logo, inisial, ataupun warna khusus yang diminta konsumennya.

Saat selesai membuat segala personalisasi tadi, proses produksi segera dimulai oleh 20 orang yang sudah sangat terlatih untuk mulai menyusun hypercar yang memiliki julukan “The World’s Most Powerful, Fastest, Most Luxurious and Most Exclusive Production Super Sports Car" ini.

 

 

Pertama-tama dimulai dari penyatuan antara bodi dengan sasis. Setelah selesai penyatuan, cangkang bodi tersebut mulai masuk proses pengecatan selama tiga minggu lamanya. Lamanya proses pengerjaan ini dikarenakan cat dari Chiron memiliki delapan lapis dan dikerjakan secara hand made.

Selesai proses pengecatan, bodyshell ini dikirim lagi ke sebuah ruangan workshop besar untuk mulai proses penyusunan melalui 12  stasiun berbeda. Stasiun pertama difokuskan untuk menyiapakan calon mesin Chiron.

 

Stasiun dua, pengerjaan unit yang mesinnya sudah oke dan mulai dipasang ke sasisnya. Di stasiun inilah ada tiga orang yang bertanggung jawab atas perakitan bagian belakang mobil. Dari sana, instalasi sistem pendingin dan elektrikal mulai dikerjakan. Proses selanjutnya adalah memasukan seluruh cairan seperti BBM, oli dan minyak rem yang diperlukan Chiron dan disinlah untuk pertama kali mesin enam belas silinder tersebut dinyalakan.

Selanjutnya proses pengetesan akan dimulai. Mobil tersebut akan mendapatkan pelek dan ban sementara agar bisa dilakukan pengetesan di atas dynamometer. Mulai dari pengetesan akselerasi dengan beban penuh agar dapat terdeteksi bahwa mobil ini bekerja dengan baik. Proses ini hanya berjalan dalam waktu singkat yaitu sekitar dua hingga tiga jam.

 

Setelah selesai melakukan serangkaian pengetesan, Chiron mulai mendapatkan panel-panel eksteriornya. Panel-panel ini terbuat dari carbon fiber dan sangat rentan sehingga mereka harus memasangnya dengan ekstra hati-hati. Proses ini memakan waktu sekitar tiga hingga empat hari. Jika sudah selesai, mereka akan dites kebocoran dengan cara penyiraman layaknya cuaca hujan untuk mengetahui apakah ada masalah kebocoran dari mobil tersebut.

Masuk ke bagian interior, ada dua orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pemasangan. Pengerjaan bagian ini memakan waktu hingga tiga hari. Jika sudah selesai semua, Bugatti akan melakukan pengetesan sejauh 300 km dengan kecepatan minimal 250 km/jam.

 

Disaat melakukan hal tersebut, Chiron yang baru selesai diproduksi tidak menggunakan ban dan pelek yang seharusnya didapatkan agar terhindar dari kerusakan saat pengetesan. Jika dalam pengetesan ini sang penguji sudah meluluskannya, Chiron akan mendapatkan penggantian oli transmisi serta pemasangan pelek dan ban yang sudah sesuai. Setelah ini, akan dilakukan kembali pengetsan dalam jarak pendek yaitu 50 km.

Sebelum mobil ini diserahkan ke konsumen yang membelinya, Chiron akan dibersihkan serta mendapaatkan poles detailing dari tim finishing. Bugatti menyampaikan bahwa Chiron dari proses pemesanan hingga diantar ke depan rumah Anda akan membutuhkan waktu sekitar 9 bulan. Konsumen yang membelinya pun dapat mengunjunginya di Molsheim untuk menyaksikan proses produksinya secara langsung.

Bugatti Chiron

 

Bugatti Chiron

 

Bugatti Chiron

 

Bugatti Chiron

 
 
 
 
 
 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com