Waspada, Jangan Sampai Noda Ini Ada Di Jok Kulit Mobil Anda

Waspada, Jangan Sampai Noda Ini Ada Di Jok Kulit Mobil Anda

Jok mobil yang dibungkus kulit memang terlihat lebih rapih sekaligus berkelas. Selain itu, bahan kulit cenderung lebih mudah dibersihkan dibanding pembungkus jok bermaterial fabric.

Tapi ternyata ada satu jenis noda yang jadi musuh bebuyutan jok kulit. Noda tersebut bakalan sulit lenyap jika sudah menempel di jok kulit mobil Anda. Noda apakah itu?

Jika tebakan Anda adalah noda tinta ballpoint, pena atau spidol, maka jawaban Anda tepat.

 

 

Seperti yang diungkap oleh Edi Pamungkas, Development Manager PT Polystar International selaku produsen kulit sintetis MBtech, disebut bahwa kulit jok yang terkena noda tinta ballpoint tidak bisa benar-benar dihilangkan. 

"Karena tinta ballpoint itu masuk ke dalam melalui pori-pori kulit jok. Ketika orang bisa menghilangkan noda itu, berarti dia merusak lapisan dari kulit sintetis itu sendiri. Ketika itu rusak, nanti ketahanannya akan berkurang," ujar Edi (9/3).

 

 

Hingga sampai kini, Edi menjamin belum ada satupun produk yang mampu mengusir noda tinta membandel secara aman dan baik. "Kalau ada pembersih mengklaim bisa hilangkan noda ballpoint, bersih dan lapisan masih bagus itu awalnya. Lama kelamaan, pasti akan merusak jok kulit."

Namun manakala Anda mendapati jok kulit terkena noda membandel ini, Edi punya langkah mengurangi nodanya. "Kalau bisa, ketika kena langsung dibersihkan pakai air hangat dan lap. Jangan dibiarkan lama mengendap," tukas Edi. 

Jika masih belum ampuh, gunakan cairan alkohol dan tuangkan ke area noda tinta tersebut. Setelah itu usap dengan lap kering. Namun sifat alkohol yang mampu mengubah sifat asli material kulit tak menjadikan cara ini tak disarankan untuk sering-sering dilakukan.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com