VIDEO: Nissan Temukan Teknologi Pengingat Barang Tertinggal di Mobil

VIDEO: Nissan Temukan Teknologi Pengingat Barang Tertinggal di Mobil

Nissan merilis teknologi unik bernama Rear Door Alert atau yang disisngkat RDA (3/8). Temuan baru ini diklaim bisa membantu pengemudi yang punya kebiasaan lupa atau malas mengecek barang di jok belakang sebelum meninggalkan mobilnya.

Namun, teknologi ini dibuat bukan dibuat sekedar untuk faktor keamanan tapi lebih semacam pengingat apabila ada barang di jok belakang yang tertinggal. Sebab, bisa saja barang yang tertinggal bisa merugikan bahkan membahayakan orang lain, atau bisa jadi barang bawaan tersebut tergolong berbahaya atau sensitif terhadap temperatur kabin mobil yang panas. 

 

 

Sistem ini sebenarnya sederhana karena ia akan mengingatkan pengemudi untuk selalu mengecek kursi belakang dan apabila lupa memeriksa jok belakang, secara otomatis klakson  akan berbunyi sebagai pengingat. Mungkin teknologi ini dianggap sepele dan memang dibuat dikembangkan dari kegiatan sehari-hari namun Nissan menganggap sistem ini efektif.

”Kami bercanda seharian, seolah tak terjadi apa pun pagi itu. Lalu seorang teman sadar meninggalkan satu pan lasagna di kursi belakang mobilnya semalaman, setelah pulang dari hari yang panas,” kata Elsa Foley selaku salah satu bagian dari tim Nissan Technical Center North America (NTCNA).

Elsa melanjutkan, hal buruk yang terjadi selanjutnya adalah mobil menjadi bau seharian penuh. Pertanyaan pun muncul, bagaimana jika yang tertinggal di belakang adalah sesuatu yang lain, atau yang mungkin lebih berbahaya?

Fitur baru ini bisa diaktifkan maupun dimatikan secara manual, dan diatur sesuai kebutuhan. Namun, kehadirannya baru terbatas di beberapa model Nissan yang eksis di Amerika Serikat. Simak cara kerjanya dalam video yang baru juga kami dapatkan.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com