VIDEO: Crash Test Honda CR-V Dan Mazda CX-5. Mana Lebih Baik?

VIDEO: Crash Test Honda CR-V Dan Mazda CX-5. Mana Lebih Baik?

IIHS kembali merilis video uji benturan alias crash test dua SUV sekelas, Honda CR-V dan Mazda CX-5. Lembaga asuransi untuk keselamatan jalan raya atau Insurance Institute for Highway Safety itu kali ini menguji satu sisi benturan small overlap pada moncong depan dua SUV ini.

Pada tayangan video yang dirilis 23 Juni 2016 ini terlihat CR-V langsung ringsek area kap mesinnya dan pilar A sedikit menekuk. Seketika seluruh kantuk udara di kabin mengembang tanpa adanya jeda lama untuk melindungi penumpang. 

Lantas pada rivalnya, Mazda CX-5 sebenarnya kurang lebih kemampuan menyerap benturannya sama seperti CR-V. Tapi terlihat pilar A CX-5 tidak sampai menekuk di tengah, dan semua kantung udara mengembang dengan baik dengan titik sebaran yang sama dengan si rival.

Crash test small overlap Honda CR-V dan Mazda CX-5

Pada pengujian yang dilakukan dalam kecepatan 40 mil per jam atau sekitar 64 km/jam ini, IIHS masih memberikan nilai memadai (acceptable) dalam batas toleransi keselamatanya. Sementara nilai yang dikantungi dalam keselamatan di sisi pengemudi baik CR-V dan CX-5 sama-sama meraih nilai G (Good) yang artinya baik.

Saat kami telusuri ke wab resmi IIHS, terlihat kalau kedua SUV ini mendapat penghargaan Top Safety Pick+. Meski begitu Mazda CX-5 sedikit lebih baik dibanding CR-V dalam hal fitur pencegah tabrakan serta kemudahan memasang child seat.

Silakan Anda saksikan video tes tabrak kedua SUV ini

 

Honda CR-V:

 

Mazda CX-5: 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com