VIDEO: Begini Cara Kerja Mesin Suzuki Ertiga Diesel Mild-Hybrid

VIDEO: Begini Cara Kerja Mesin Suzuki Ertiga Diesel Mild-Hybrid

Suzuki Ertiga diesel yang kemarin resmi meluncur di Indonesia, menawarkan teknologi mesin yang terbilang canggih di kelasnya. Mesin peminum solarnya juga dikawal mesin listrik pasif alias semi hybrid.

Suzuki menyebut teknologinya itu dengan nama dagang Smart Hybrid Vehicle from Suzuki dan disingkat SHVS. Bahkan emblem SHVS ini nantinya akan menempel di bawah kaca belakang Ertiga diesel sebagai penanda identitasnya.

 

Danu

Melihat bocoran dan penampakan Ertiga diesel belakangan ini, selain emblem tersebut sepertinya nyaris tak ada perbedaan di eksterior dengan Ertiga bermesin bensin. Balik ke teknologi mesin diesel semi hybrid-nya, Suzuki India belum lama ini mengunggah video (2/2) mengenai mekanisme kerja mesin MPV-nya itu.

Seperti yang kami sudah jelaskan pada artikel sebelumnya, komponen utama dalam teknologi Ertiga diesel ini adalah ISG alias Integrated Starter Generator dan baterai berkapasitas besar. ISG berperan mengolah energi hasil dari deselerasi mobil untuk jadi listrik yang disimpan di baterai.

Daya listrik itulah yang jadi pembantu mesin diesel untuk berakselerasi lewat ISG, namun tidak menggunakan motor listrik atau baterai tersendiri. Dan di situlah kenapa ia disebut sebagai mild-hybrid dan tak diberatkan pajaknya. Untuk lebih jelasnya simak tayangan video di bawah ini:

 


 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com