Usai Mudik, Pastikan Kaki-kaki Mobil Sehat Dengan 5 Langkah Ini

Usai Mudik, Pastikan Kaki-kaki Mobil Sehat Dengan 5 Langkah Ini

Pasca mudik, mobil yang jadi andalan menempuh perjalanan ke kampung halaman dan kembali ke rumah tentunya perlu perhatian khusus. Sebab, kaki-kaki mobil selama mudik bekerja cukup berat sudah melewati berbagai kondisi jalan dan menahan muatan orang serta barang.

Dalam hal ini kaki-kaki mobil adalah sektor yang perlu perhatian Anda. "Jangan sampai setelah mudik malah timbul masalah di kaki-kaki, seperti sok bocor atau ban rusak," wanti Robbit, teknisi bengkel resmi Nissan Sunter, Jakarta yang OtoDriver temui beberapa waktu lalu.

 

 

Simak deretan check list di bawah ini agar kaki-kaki mobil tetap sehat dan bebas masalah setelah mengantarkan Anda sekeluarga pulang pergi dalam mudik Lebaran 2017.

 

1. Cek Sokbreker
Untuk mengeceknya dengan seksama, jangan ragu untuk ngolong dan amati suspensi. Jika ada rembesan cairan oli yang menempel di sokbreker, bisa jadi indikasi kebocoran. Jika demikian mobil wajib dibawa ke bengkel untuk perbaikan.

 

2. Deteksi bunyi-bunyi aneh
Bawa jalan mobil seperti biasa dalam kecepatan menengah, jika saat berbelok, melewati polisi tidur ataupun jalan tak rata terdengar besi berasu dari kolong mobil, perlu diwaspadai adanya kerusakan mekanisme kemudi atau suspensi.

 

3. Perhatikan ayunan suspensi
Masih saat dibawa berjalan, ketika melewati jalan bergelombang pastikan mobil tak mengayun lebih dari sekali di setiap gundukan, begitu pula ketika melintasi polisi tidur. Suspensi mengayun menandakan sokbreker sudah lemah. Ini akan mengurangi kestabilan mobil serta membuat ban habis tidak rata.

 

4. Kemudi harus lurus
Saat di jalanan lurus, lingkar kemudi harus berada dalam posisi semestinya, tak membelok - tapi ban lurus atau sebaliknya. Jika setir agak belok saat berjalan lurus, segera lakukan spooring. Jika dibiarkan dalam kondisi keselarasan roda menyimpang, mobil akan berkurang kestabilannya serta memperpendek usia ban.

 

5. Cek tekanan ban
Pastikan keempat ban dalam kondisi yang baik. Jika ada yang kurang angin atau ada yang dinding dan permukaannya retak, tak ada kompromi untuk membenahinya. 

 

Menurut Robbit, lima hal di atas bisa saja timbul karena secara tak disadari mobil melewati jalanan rusak atau menghantam lubang dan menyebabkan kerusakan. Pengecakan di atas bisa Anda lakukan sendiri, namun jika menemukan satu atau dua indikasi di atas, sebaiknya segera arahkan mobil ke bengkel.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com