Toyota Yaris Heykers Diklaim Tetap Stabil Walau Lebih Jangkung. Kenapa?

Toyota Yaris Heykers Diklaim Tetap Stabil Walau Lebih Jangkung. Kenapa?

Toyota Yaris Heykers baru saja meluncur sebagai sebuah hatchback tapi memiliki ground clearance 184 mm yang hampir setara dengan sebuah crossover. Namun banyak pihak yang mempertanyakan tentang bagaimanakah kestabilan dari Heykers ini?

“Ground clearance tinggi, tapi rasa ‘fun to drive’ tetap harus ada.” Itulah jawaban dari Sutrimono selaku Deputi Division Head Product Planning & Development PT Toyota Astra Motor (TAM) di sela-sela peluncuran Yaris Heykers (3/11).

 

 

Pihak TAM menjelaskan bahwa suspensi Heykers diracik oleh TRD Indonesia dengan spesfikasi yang sesuai dengan standar keamanan walaupun suspensi itu dibuat untuk bisa menghadapi berbagai kondisi jalanan juga. “Kami bekerjasama dengan TRD Indonesia untuk mengembangkan suspensi khusus Heykers. Di sinilah kami melakukan pengembangan dan memilih spek yang sesuai,” tambah Sutrimono.

Memang, suspensi Yaris Heykers ini didesain dan dikembangkan di Indonesia, tapi tetap saja suspensi tersebut harus lulus pengujian yang dilakukan di prinsipal Toyota Jepang. Sutrimono menjelaskan ada dua fase pengujian yang dilakukan terhadap sebuah suspensi baru.

Pertama, pengujian dalam keadaan emergency escape. Inilah saat mobil dipaksa bermanuver dalam kecepatan tertentu dan suspensi Yaris Heykers masih memiliki tingkat stabilitas yang baik. Pengetesan kedua yaitu performa dari suspensi dilakukan dengan melakukan jalan lurus, jalan berbelok, jalanan miring, jalanan semi off-road sampai tanjakan dan turunan.

Pihak TAM menjamin bahwa Yaris Heykers punya kualitas berkendara yang sama dengan Yaris biasa. Heykers hanya memberikan tambahan kemampuan jelajah di berbagai kontur jalanan. ”Kami pastikan driving feeling dan stabilitas Heykers sama dengan Yaris standar. Suspensi Heykers meningkatkan daya jelajah tapi tetap asik dikendarai,” tutup Sutrismono.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com