Toyota Siapkan Mobil Murah Untuk Gebrak Pasar Mobil Murah India

Toyota Siapkan Mobil Murah Untuk Gebrak Pasar Mobil Murah India

Toyota dikabarkan sedang berencana membuat mobil yang sangat efisien konsumsi BBM-nya plus punya fitur keselamatan yang baik. Calon mobil barunya ini akan punya harga murah karena akan dipasarkan di India untuk melawan mobil ekonomis yang tengah marak di negara itu.

Tapi cikal bakal mobil murah Toyota ini paling cepat akan hadir pada tahun 2020. Seperti yang diberitakan ET Auto (2/1), mobil ini bakal dikembangan oleh perusahaan gabungan Toyota Daihatsu yang belakangan sudah terbentuk. Perusahaan internal baru yang bernama Emerging-market Compact Car Company tersebut akan dikelola Daihatsu karena mereka dianggap lebih ahli dalam memproduksi mobil dengan harga murah namun berkualitas baik.

 

 

“Bagian paling menguntungkan bagi Toyota adalah mobil yang dikembangkan oleh Daihatsu yang akan dibuat untuk pasar lokal bakal hadir dengan harga terjangkau. Kami akan memulai melakukan penelitian untuk mengetahui harapan pelanggan di setiap pasar agar bisa menentukan konsep kendaraan sebelum mulai produksi,” ungkap Akito Tachibana, Managing Director Toyota Kirloskar India.

Perusahaan itu nantinya juga tidak hanya sebatas membuat mobil kecil, tapi diprogramkan juga untuk membuat MPV dan SUV berukuran kompak. Saat ini Toyota Kirloskar sudah membuat mobil untuk pasar India yaitu Toyota Etios dan Liva, sayang dua model itu sulit dibilang laris.

 

 

Jika mobil murah Toyota di India berhasil bisa bersaing dengan Maruti Suzuki dan Hyundai, Toyota Kirloskar akan lebih fokus memproduksi mobil-mobil dengan harga yang terjangkau namun memiliki teknologi yang kekinian.

Pihak Toyota juga menyampaikan soal prioritasnya yaitu bagaimana cara untuk membuat mobil yang cocok dengan pasar. “Volume bukan menjadi prioritas kami. Kami hanya akan mencari tahu soal bagaimana membuat mobil yang baik untuk pasar,” imbuh Tachibana. 

Jika demikian, artinya calon mobil murah Toyota ini akan bertarung dengan mobil-mobil murah nan irit yang lebih dulu eksis di negara dengan ibu kota New Delhi itu. Sebut saja produk dari Datsun, Maruti Suzuki, Hyundai dan Renault yang meramaikan mobil murah India, bahkan Renault dengan Kwid-nya sampai merembet ke Indonesia. Sayangnya banderol murah mobil-mobil itu, harus punya konsekuensi tingkat keselamatannya yang rendah.

Nah, melirik celah itu, Toyota kabarnya akan memberikan piranti keselamatan yang baik dan mumpuni dibanding pesaingnya. Dan sejauh ini belum ada bocoran apakah calon mobil murah tersebut akan datang ke Indonesia juga atau tidak. 

 

Baca juga:

Renault Kwid Manual Tembus 23,1 Km/Liter, Versi Matik Lebih Hemat!

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com