Toyota Konsisten Jalankan Komitmen 'Mobil untuk pohon'. Apa Itu?

Toyota Konsisten Jalankan Komitmen 'Mobil untuk pohon'. Apa Itu?

Toyota tidak hanya melalui semangat Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service, ada komitmen lain yang juga diwujudkan dalam semangat “Toyota Berbagi” melalui berbagai program berbagai kegiatan sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat dan lingkungan Indonesia yang lebih baik. 

Salah satu kegiatan CSR itu adalah program Car for Tree atau jika diterjemahkan berarti 'mobil untuk pohon', dan sudah berlangsung selama lebih dari 8 tahun. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud partisipasi Toyota melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Car for Tree merupakan program lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dari TAM sebagai wujud kontribusi perusahaan bagi upaya-upaya pencegahan pemanasan global, termasuk melalui aktifitas pendidikan guna meningkatkan pemahaman tentang konsep ramah lingkungan. Program yang melibatkan Toyota dan jaringan penjualannya ini, dilaksanakan dengan menyisihkan sebagian profit penjualan mobil untuk mendukung program konservasi lingkungan melalu penanaman pohon.

 

Sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond dan filosofi continuous development, program ini terus dikembangkan dan diperluas untuk menciptakan manfaat yang lebih dan berkelanjutan bagi masyarakat luas.

 

Program ini tak hanya sekedar menanam pohon untuk penghijauan, TAM secara bertahap juga memperluas cakupan program Car for Tree ke seluruh wilayah Indonesia seperti melalui pemberdayaan petani, pelestarian terumbu karang dan memfasilitasi pengembangan budaya maritim, serta pembinaan budaya aman berkendaraan sejak usia dini.

Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwakonsep Toyota Bersama Membangun Negeri (“Toyota Berbagi) dan dilandasi semangat Toyota Let’s Go Beyond, telah mendorong TAM untuk terus merancang dan mengembangkan program-program CSR melalui bidang pendidikan, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat, dan keselamatan berkendara.

“Untuk bidang lingkungan, TAM melakukan improvement terhadap program Car for Tree agar program tersebut dapat semakin bermanfaat bagi masyarakat luas dan berjalanberkesinambunganTidak hanya fokus pada menanam pohon untuk penghijauan, cakupan wilayah program Car for Tree juga kami perluas ke luar wilayah Jakarta,” kata Henry.

Implementasi program Car for Tree dimulai pada 2010 dengan membangun Toyota Eco Island di Taman Impian Jaya Ancol. Kemudian program ini berlanjut dengan program revitalisasi Taman Semanggi Jakarta pada tahun 2014. Sejak tahun lalu, TAM berkomitmen  memperluas cakupan program Car for Tree ke daerah-daerah berdasarkan potensi lokal yang dimiliki dan tantangan lingkungan yang sesuai dengan daerahnya,  serta tidak hanya terfokus kepada penanaman pohon.

“Tak hanya di sisi produk, teknologi, dan layanan,  improvement yang dilakukan TAM juga menyentuh berbagai kegiatan corporate social responsibility (CSR). Selain memiliki komitmen penuh pada pengembangan usaha yang baik dan sehat layaknya sebuah entitas bisnis,  TAM juga memiliki kepedulian dalam perbaikan masyarakat dan lingkungan demi membangun Indonesia yang lebih baik, salah satunya melalui implementasi program Car for Tree,” ujar Lina Agustina selaku General Manager Toyota Astra Motor, dalam acara media gathering CSR Toyota di GIIAS 2018 (7/8).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com