Toyota Calya-Daihatsu Sigra Siap Jalani Crash Test

Toyota Calya-Daihatsu Sigra Siap Jalani Crash Test

Rasa penasaran orang akan faktor keamanan duet LCGC 7-seater Calya-Sigra akan segera terjawab. Mereka telah meminta lembaga ASEAN NCAP untuk melakukan pengujian tabrak alias crash test. Hal itu terkuak saat kami berbincang dengan bagian riset dan pengembangan Astra Daihatsu Motor pekan ini.

"Kami sudah mengirim 3 unit Sigra ke ASEAN NCAP beberapa minggu lalu," ucap Meddy Hamdani, Planning Division R&D PT Astra Daihatsu Motor. "Satu unit untuk uji tabrak depan, satu unit untuk uji tabrak samping, serta satu unit lagi untuk cadangan. Tesnya sendiri akan berlangsung di Malaysia."

Meddy mengaku tidak tahu persis kapan tes itu akan dilakukan. Yang jelas sesegera mungkin setelah semuanya di sana siap. Tiga unit yang dikirim itu merupakan tipe tertinggi dengan ABS serta stability control

 

Kekuatan bodi Calya-Sigra akan dites di ASEAN NCAP

 

Menurut Meddy, permintaan crash test bukan datang dari ASEAN NCAP, melainkan permintaan dari Daihatsu. Namun hasilnya tidak bisa ditutak-atik. Kalau bagus dibilang bagus, kalau jelek dibilang jelek. Dan apapun hasilnya, akan langsung dipublikasikan oleh pihak ASEAN NCAP.

Tapi pihak Daihatsu yakin hasil tes Sigra ini akan baik. Hal itu berdasar hasil tes pada Agya-Ayla yang berhasil mendapatkan 4 bintang dari maksimal 5 bintang. "Struktur bodi Calya-Sigra dirancang di Jepang, termasuk perhitungan untuk crumple zone-nya," tambah Yudi. Ditambahkannya, apapun hasil yang diraih Sigra akan berlaku juga untuk Calya karena tak ada beda di struktur bodi.

Pantau terus OtoDriver.com, kami akan segera menginformasikannya bila hasil crash test sudah dikeluarkan ASEAN NCAP.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com