Toyota Bisa Manfaatkan Kincir Angin Jadi "Penghasil Bahan Bakar"

Toyota Bisa Manfaatkan Kincir Angin Jadi "Penghasil Bahan Bakar"

Sebuah pembangkit listrik tenaga angin bernama Hama wing yang berdiri di tepi laut Yokohama, Jepang, ternyata bisa menjadi sumber 'bahan bakar' mobil. Hal ini di-inisiasi oleh Toyota dengan memanfaatkan konversi tenaga angin menjadi hidrogen.

Dari pantauan OtoDriver di fasilitas Hama wing beberapa hari lalu, energi hidrogen yang dihasilkan dari konversi putaran baling-baling raksasa alias kincir angin, dimanfaatkan Toyota untuk menggerakkan forklift. Namun, mekanisme mesin fuel cell hidrogen forklift tersebut serupa dengan yang dimiliki sedan Mirai.

 

Dengan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga angin seperti yang dihasilkan Hama wing ini tentunya jadi titk cerah solusi energi ramah lingkungan dan berkelanjutan. Sebab, walau di Jepang sendiri sudah mulai banyak mobil bertenaga fuel cell hydrogen namun masih bergantung dari bahan bakar fosil untuk menghasilkan hidrogen.

Namun pembangkit listrik tenaga angin seperti Hama wing bukannya tak punya kelemahan. Ketergantungannya pada hembusan angin agar baling-baling tetap berputar, menghasilkan daya listrik cenderung yang tidak stabil. 

Selain untuk sumber tenaga forklift bermesin fuel cell hidrogen, Toyota juga memanfaatkannya untuk 'bahan bakar' truk. Karena memang wilayah Yokohama sendiri merupakan daerah industri, jadi dimanfaatkan Toyota untuk mendukung pengurangan polusi dan efisiensi bahan bakar.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com