TIPS: Rawat Evaporator AC Mobil

TIPS: Rawat Evaporator AC Mobil

Banyak orang yang tidak terbiasa merawat secara berkala sistem pendinginan kabin yang ada pada mobilnya. Padahal walaupun embusan masih dingin, sebaiknya tetap diperiksakan ke bengkel secara rutin.

“Biasanya konsumen baru ke bengkel kalau sudah tidak dingin atau sudah bermasalah” ungkap Muhammad Subhan selaku Service Advissor Min Jaya AC Mobil di bilangan Haji Nawi.

Evaporator adalah sebuah perangkat untuk mendistribusikan pendinginan ruangan dalam kabin mobil. Angin akan diembuskan oleh blower menuju evaporator yang memiliki bentuk kisi-kisi. Kisi-kisi inilah yang mengubah angin tadi menjadi udara yang dingin.

Blower ini mengembuskan angin yang dihirup juga dari dalam kabin mobil. Apabila kabin mobil kotor, maka angin yang dihisap oleh blower juga kotor sehingga mengakibatkan evaporator juga kotor.

Evaporator yang kotor membuat kesehatan si pengguna kendaaran tidak baik karena banyak kuman dan virus yang tersangkut di evaporator. Selain itu, kotornya evaporator akan membuat proses pendinginan tidak lagi sempurna.

“Evaporator yang kotor akan membuat kerusakan yang berlanjut seperti terjadinya karatan karena evaporator dalam prosesnya terjadi proses kondensasi yang menghasilkan air. Air yang bergabung dengan kotoran dan menempel di evaporator terus menerus berubah menjadi karatan dan akhirnya terjadi kebocoran.” lanjut pria yang akrab disapa Mbel ini.

Sebaiknya setiap 3-6 bulan sekali bawalah mobil Anda untuk dibersihkan evaporatornya, karena ada beberapa mobil yang belum menggunakan saringan udara pada evaporatornya. Sehingga hal ini mengakibatkan evaporator akan cepat kotor.

Proses pembersihan evaporator ini akan memakan waktu seharian karena untuk membongkarnya harus melakukan pembongkaran dasbor total sehingga akan lumayan memakan waktu.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com