TIPS: Mudahnya Merawat Sliding Door

TIPS: Mudahnya Merawat Sliding Door

Mobil-mobil baru kini banyak yang mengadopsi pintu geser dan biasanya banyak terdapat pada segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Alasan utamanya yakni lebih praktis dan tak makan tempat saat membuka.

Rupanya, pintu jenis ini kadangkala mengalami kerusakan. Ada perawatan ekstra agar pintu geser mobil tak cepat rusak, atau bermasalah. Salah satu yang harus diperhatikan, menurut Wahono selaku Kepala Bengkel Auto 2000 (bengkel resmi Toyota) BSD, Banten, banyak pengguna yang lalai untuk merawat pintu jenis ini.

 

"Jarang membershkan kotoran di rel akan membuat pergerakan pintu terhambat bahkan macet. Kelalaian lainnya adalah pemilik sering abai memperhatikan kelainan pintu geser," ucap Wahono.

Pintu geser sebaiknya diberi pelumas secara berkala pada bagian bearing dan rel pintu. Tujuannya adalah untuk mencegah pintu seret dan juga timbulnya suara berdecit.

"Adapun kebiasaan pengguna pintu geser manual seringkali buka-tutup pintu dengan keras. Lama-lama pengait pintu rusak dan tidak bisa mengunci sempurna,” tambah  Wahono.

Selain itu, hindari banjir agar pintu geser terhindar dari kerusakan. Pintu geser elektrik memiliki motor yang berada di bawah pintu dan di bawah pijakan kaki. Bila sering terkena air lama-kelamaan motor tersebut rusak.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com