TIPS: Mengganti Ban Sendiri Secara Aman

TIPS: Mengganti Ban Sendiri Secara Aman

Mungkin Anda tidak pernah terbayang bagaimana saat mengalami pecah ban atau kempis di perjalanan. Bisa jadi Anda hanya akan mengalami rasa panik sehingga malah membuat Anda kebingungan sendiri. Apalagi bagi yang belum pernah mengganti ban sendiri.

Anda tidak perlu panik saat mengalaminya, karena jika Anda panik malahan akan membuat sulit melakukan proses penggantian bannya. Tenangkan diri Anda terlebih dahulu, baru Anda bisa melakukannya sendiri.

Berikut ada beberapa tips ringan untuk Anda agar bisa mengganti ban sendiri dengan aman.

 

  1. Posisikan mobil Anda di tempat yang rata dan memiliki permukaan yang keras. Kenapa harus permukaan keras? Karena saat melakukan pengangkatan mobil dengan dongkrak, membutuhkan permukaan yang keras untuk mengangkat beban mobil yang berat secara stabil.
  2. Jangan lupa mengaktifkan hazard dan rem tangan. Untuk mobil bertransmisi otomatis, sebaiknya letakan perseneling di posisi P. Untuk mobil bertransmisi manual,boleh posisikan perseneling di gigi 1 jika Anda merasa tidak yakin dengan kekuatan rem tangan mobil Anda.
  3. Letakkan segitiga pengaman kira-kira 50-70 meter di belakang mobil. Jarak harus lebih jauh jika Anda berhenti di jalan tol yang lancar. Ini untuk membuat pengemudi belakan mendapat peringatan memadai. Bila terlalu dekat, segitiga pengaman tak ada gunanya.
  4. Carilah kunci roda atau kunci palang yang sudah Anda siapkan. Untuk mobil standar biasanya kunci roda ini disediakan sebagai standarnya dan diletakan di kantung tool kit. Peranti ini biasanya diletakan oleh pabrikan di bawah jok pengemudi atau penumpang depan. Bisa juga diletakan di kompartemen yang ada di dalam bagasi bersamaan dengan dongkraknya.
  5. Kendurkan baut roda yang mengalami pecah ban atau kempis. Cukup dikendurkan saja dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Jangan melepas semua baut rodanya karena mobil belum didongkrak.
  6. Posisikan dongkrak sesuai yang dianjurkan oleh buku manual. Jika Anda tidak memiliki buku manual, carilah sebuah cekungan atau mungkin tonjolan pada bagian bawah mobil. (Biasanya berada di bawah panel di bawah pintu). Pastikan peletakan dongkrak ini tegak lurus. Lalu naikkan dongkrak hingga roda yang kempis tadi terangkat hingga tidak menapak dengan jalan. (Jika dongkrak terlihat miring dan tidak stabil, sebaiknya turunkan kembali mobil dan carilah posisi yang pas)
  7. Lepaskan semua baut roda. Jika sudah, lepaskan ban secara perlahan. Saat ban yang kempis sudah terlepas dari ruang roda, letakanlah di bawah mobil di samping dongkrak. Hal ini untuk berjaga-jaga semisal dongkrak terjatuh.
  8. Ambil ban serep yang sudah disiapkan untuk mengganti ban yang kempis. Ban serep biasanya terletak di dalam bagasi yang berada di lantai bagasi ditutupi dengan karpet.
  9. Tempatkan ban cadangan sesuai dengan pola baut roda. Kemudian pasang kembali baut-bautnya hingga terasa cukup kencang, tanpa perlu menggunakan kekuatan maksimal.
  10. Sebelum menurunkan dongkrak, ambil ban yang tadi diletakan di kolong mobil, lalu turunkan dongkrak hingga roda sepenuhnya menyentuh jalanan. Kemudian kencangkan semua baut rodanya menggunakan kunci roda tadi searah jarum jam. Jika sudah kencang pmenggunakan tangan, gunakanlah kaki untuk menngencangkannya lebih kuat.
  11. Setelah selesai, letakan ban yang sobek atau kempis tadi kembali di bagasi. Jangan lupa ambil kembali segitiga pengaman Anda.

Demikianlah tips ringan untuk melakukan penggantian ban sendiri saat keadaan darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com