TIPS: Menanjak Dengan Mobil 4WD Secara Aman di Jalanan Licin

TIPS: Menanjak Dengan Mobil 4WD Secara Aman di Jalanan Licin

Menggunakan mobil berpenggerak 4 roda alias 4WD di jalanan tanah maupun berbatu memang pilihan tepat. Tapi tentu tak semua pengemudi paham betul mengenai teknik yang benar dalam mengendalikan jenis mobil semacam itu.

Apalagi saat bertemu tanjakan terjal dengan kondisi permukaan tanahnya yang basah, sukar dan berbahaya untuk lolos sampai tujuan jika asal injak pedal gas. Maka simaklah panduannya yang dipandu oleh instruktur andal berikut ini. 

 

Jangan langsung gas penuh untuk sampai puncak

 

Sebagai mobil praktik, Mitsubishi Triton 4WD bertransmisi manual dipaksa melibas tanjakan terjal nan licin dalam trek off road buatan. "Jangan ancang-ancang dari jauh terus melaju kencang untuk menanjak, sangat berbahaya," buka Momon S Maderoni, Instruktur Senior di Indonesia Smart Drive Vehicle Management Consulting (12/11).

Momon yang biasanya mendidik para pengemudi di area pertambangan menuturkan bahwa wajib hukumnya posisikan tuas 4WD di posisi L (Low) dan transmisi pada gigi pertama untuk memulai menanjak. 

 

Kenali karakter mesin mobil, di Rpm berapa tenaga mesin menghasilkan torsi optimal

 

"Tekan pedal gas secara perlahan saja, biarkan mobil "merayap" dengan baik, jangan terburu-buru," wanti Momon. Ia juga mengingatkan agar kedua tangan selalu berada di posisi jam 9 dan 3 pada lingkar kemudi.

Hal tersebut sangat penting agar pengemudi tahu kemana arah roda jika mobil tiba kehilangan traksi. Dan misal mobil saat digas malah membelok maka sebaiknya kembalikan setir ke arah lurus.

 

Trek menanjak dan berlumpur sudah sepantasnya hanya dilalui mobil mobil dengan ground clearance tinggi dan berpenggerak 4 roda agar aman

 

"Jaga momentum dengan putaran mesin ideal di 1.500 sampai 3.500 Rpm," tambah Momon. Dan yang perlu diingat juga sebaiknya biasakan keadaan pikiran tetap rileks.

"Jangan terburu-buru sampai puncak tanjakan dengan menekan pedal gas secara spontan. Selain dapat merusak mesin mobil, tapi jika pengemudi tak menguasai betul teknik off road akan sangat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain," tutupnya.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com