TIPS: Lakukan 7 Hal ini Sebelum Meninggalkan Mobil  di Rumah Saat Mudik

TIPS: Lakukan 7 Hal ini Sebelum Meninggalkan Mobil di Rumah Saat Mudik

Mudik ataupun liburan telah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat di Indonesia. Namun, nampaknya tak semua orang berniat menggunakan mobil untuk mudik.

Namun ada pula sebagian yang lebih memilih untuk menggunakan moda transportasi umum dan meninggalkan mobilnya di rumah. Agar tenang saat mudik atau liburan, lakukan 7 hal ini sebelum meninggalkan mobil Anda di rumah yang disampaikan oleh Robby Prakoso, Presiden Direktur Indonesia Driving Institute.

1. Lepaskan suplai listrik mobil dari aki

Menjadi cukup penting apabila Anda akan berlibur atau mudik dalam jangka waktu yang cukup panjang hingga lebih dari 3 hari. Berguna agar tegangan listrik pada aki tidak berkurang yang dapat menyebabkan aki soak.

2. Tambah tekanan ban pada keempat roda

Hal ini berfungsi untuk menjaga bentuk ban agar tetap normal. Disarankan untuk menambah angin sebanyak 10% dari tekanan normal. Karena jika lebih dari 7 hari, tekanan ban yang kurang dapat mempengaruhi bentuk karena ditekan bobot mobil secara statis pada titik yang sama dalam waktu yang panjang.

3. Selipkan karpet atau bahan tambahan diantara ban dan lantai

Bahan tersebut menjadi pembatas agar suhu ban tetap stabil dan tidak langsung menyentuh lantai yang cenderung suhunya lebih mudah berubah-ubah. Dengan ini, tekanan ban tidak mudah berkurang dan menjaga elastisitas permukaan ban agar tidak cepat getas.

4. Buka sedikit kaca mobil

Fungsinya untuk mempertahankan sirkulasi udara yang baik pada kabin mobil. Selain itu, juga mencegah mobil menjadi bau akibat kelembapan udara yang bertambah saat kaca mobil tertutup rapat.

 

5. Minimalkan jumlah bahan bakar yang tersisa

Ini merupakan langkah antisipasi agar meminimalkan risiko saat terjadi insiden kebakaran. Sehingga ada baiknya agar sisa bahan bakar di mobil Anda tak terlalu banyak, namun juga tidak sampai habis.

6. Letakkan bahan atau alat pengusir binatang pada mobil

Mencegah binatang pengerat agar tak menyusup ke ruang mesin dan menggerogoti kabel. Bahan atau alat pengusir binatang ini dapat Anda letakkan di bawah mobil atau lebih baik lagi di ruang mesin. Tentunya peletakan di ruang mesin juga harus diperhatikan dan disarankan untuk posisinya ada di bagian samping.

7. Tinggalkan kunci mobil Anda di rumah, atau dititipkan

Ada baiknya tidak membawa kunci mobil Anda saat liburan. Pertama, resiko kunci terselip atau hilang dan kedua, untuk langkah evakuasi agar lebih mudah jika terjadi bencana seperti kebakaran di rumah Anda.

Jadi, sebelum mudik atau berlibur ada baiknya untuk mempraktekkan tips-tips tersebut. Sudah siapkah Anda mudik?

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com