TIPS: Hindari 7 Busana Ini Supaya Mengemudi Lebih Aman

TIPS: Hindari 7 Busana Ini Supaya Mengemudi Lebih Aman

Berkendara menggunakan mobil jadi keuntungan bagi pengemudi untuk leluasa mengenakan busana apapun karena tetap rapih sampai di tempat tujuan. Tapi jangan sampai berbagai kegiatan seru tahun baru jadi malapetaka berkendara hanya karena mengenakan pakaian yang tidak tepat saat mengemudi.

Pasalnya ada beberapa model busana alias fashion yang membahayakan aktivitas mengemudi. "Berpakaianlah yang nyaman dan tidak mengganggu atau membatasi gerakan anggota tubuh yang aktif mengendalikan mobil," wanti Jusri Pulubuhu, Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Jika dirinci, ada beberapa fashion yang sebaiknya diingat agar tidak dikenakan saat mengemudi. Sebaiknya fashion terlarang ini jangan kenakan dan simpan dulu di kabin sampai tiba di tempat tujuan, baru setelah mengemudi bisa Anda kenakan lagi.

 

 

1. Jubah dan mantel 
Mantel (coat) yang punya model panjang dan menutup area pinggul belakang akan cukup mengganggu pergerakan jika diduduki. Belum lagi bagian coat yang menjuntai berpotensi terjepit pintu dan sebagainya.

 

 

2. Sandal
Tidak disarankan mengenakan sandal. Sandal memiliki karakter mudah lepas. Jika terlepas saat mengemudi dan mengganjal pedal rem, ini sangat berbahaya. Selain itu, injakan pedal juga menjadi kurang presisi dengan sandal. Karena tak melindungi seluruh bagian kaki, sandal juga memberikan perlindungan lebih sedikit saat mobil bertabrakan. 

 

 

3. Sepatu hak tinggi
Bagi pengemudi wanita sebaiknya lepas dulu high heels atau wedges-nya, karena sepatu jenis ini tak mampu memberikan tumpuan optimal pada kerja kaki menekan pedal-pedal. Pakai dulu sepatu dengan sol rata saat mengemudi, setelahnya baru ganti lagi.

4. Rok panjang kebaya
Rok panjang seperti setelan kebaya sangat mengganggu pergerakan kaki dan lutut karena busana ini cenderung ketat dan kaku.

 

 

5. Rok gaun
Kebalikannya pada point keempat, karena punya setelan yang menjuntai atau bahkan sampai kain roknya menyentuh lantai mobil, ia pun berpotensi tersangkut atau terinjak. Jika demikian kaki akan terganggu dan memecah konsentrasi.

 

 

6. Skinny jeans
Celana panjang model jeans yang terlalu ketat akan mengganggu gerakan lutut jika dipakai mengemudi dalam waktu lama. Jika dibiarkan, lutut yang terbungkus rapat oleh jeans bisa menimbulkan rasa kesemutan. Tentunya akan mengurangi kesigapan kita mengemudi.

7. Tas 
Baik tas ransel maupun selempang sebenarnya dilarang dikenakan saat mengemudi. Pasalnya, buka cuma sabuk pengaman tak mampu mengikat badan pengemudi secara optimal tapi juga bisa meningkatkan resiko saat terjadi kecelakaan.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com