TIPS: Deteksi As Roda Depan Mulai Bermasalah

TIPS: Deteksi As Roda Depan Mulai Bermasalah

Banyak hal yang menjadi penyebab bunyi aneh pada roda depan mobil, salah satu yang paling sering terjadi pada mobil berpenggerak roda depan. Pasalnya, mobil Front Wheel Drive (FWD) memang sering kali bermasalah pada as roda (Constant Velocity Joint) atau CV joint.

Apalagi ss roda depan memiliki dua fungsi selain sebagai poros penggerak, yaitu bertugas mengarahkan mobil. Beban kerja inilah yang membuat kerusakan acap terjadi, apalagi bila pengemudi sering melewati jalan rusak.

 

 

Selain itu ada penyebab lain yang mengakibatkan kerusakan ini, yaitu sobeknya boot as roda sehingga pelumas yang ada di dalamnya keluar dan menyebabkan kompenen tersebut kering. Hal ini akan membuat CV joint tidak mendapatkan pelumasan yang seharusnya dan membuat cacat bagian-bagian bergera karena kemasukan kotoran ataupun air.

Di saat sedang mengemudi dan lingkar kemudi mobil seperti ditarik-tarik ke kanan kiri, atau mobil terasa tersendat saat sedang jalan perlahan sambil menikung. Ini merupakan gejala-gejala yang timbul dan menandakan as roda kerjanya sudah mulai tidak lagi optimal.

 

 

Cara mudah lain untuk mendeteksi kerusakan as roda adalah ketika kita membelokkan arah roda secara penuh ke kiri ataupun kanan dan mendapati bunyi "tak tak tak" atau "tek tek tek" saat dijalankan secara perlahan. Akan semakin terdengar bunyinya saat Anda buka jendela kanan dan kiri sambil menggerakkan mobil perlahan dengan mempertahankan arah mobil ke satu sisi.

 “Jika suara gemeretak itu muncul saat kemudi dibelokkan sampai mentok, dipastikan as roda Anda sudah bermasalah. Sebaiknya periksakan mobil Anda ke bengkel,” ucap Ramadhany Koeshardono dari Hobbies Vehicle yang memandu cara deteksi as roda depan yang mulai tak optimal.

Ketika Anda sudah menemui gejala-gejala di atas, sebaiknya arahkan mobil Anda ke bengkel spesialis kaki-kaki atau bengkel resmi secepatnya.  

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com