TIPS: Cara Mudah Deteksi Headlamp Halogen Bermasalah

TIPS: Cara Mudah Deteksi Headlamp Halogen Bermasalah

Penerangan adalah hal yang penting dalam mengemudi, terutama melaju di saat malam hari ataupun keadaan cuaca yang buruk seperti kabut pekat dan hujan deras. Ketika mendapati kondisi seperti itu tentunya lampu depan alias headlamp jadi kelengkapan yang sangat penting  dan vital untuk membantu pengelihatan dalam jarak pandang yang terbatas.

Sehingga penting bagi Anda untuk selalu mengecek lampu-lampu yang ada di mobil. “Apabila ada yang terlihat redup, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu filamen bohlam lampu Anda dengan cara menukarnya ke sisi sebelahnya. Karena mungkin saja bohlamnya sudah tidak bekerja dengan maksimal," ungkap Susanto dari Jayapura Motor di Bursa Otomotif ITC Fatmawati, Jakarta yang memandu tips ringan mengecek lampu depan tipe halogen.

 

Lampu halogen yang filamen-nya tidak normal ini sebaiknya cepat-cepat diganti, karena apabila sudah sampai tak berfungsi, ini akan lebih merepotkan Anda di saat malam hari. Selain pandangan terganggu, Anda tidak ingin mengemudi di malam hari dengan penerangan yang tidak memadai bukan? Selain itu mencari bohlam di malam hari juga pasti akan menyulitkan Anda.

Jika bohlam sudah dipindah ke lain sisi dan ternyata menyala terang secara normal, ada kemungkinan aliran listriknya yang sudah tidak baik. "Jika bohlam tidak bermasalah, artinya aliran listriknya yang bermasalah. Tapi untuk hal ini sebaiknya dilakukan oleh bengkel," tambah Susanto. Maka sebelum harus masuk bengkel, sebaiknya selalu pertahankan bohlam headlampd selalu dalam kondisi prima.

Selain itu lampu-lampu yang ada di bagian belakang juga penting diperiksa, karena ini berperan penting dalam memberi tahu pengemudi lain yang berada di belakang yang menandakan bahwa ada mobil di depannya dan juga memberikan sinyal bahwa Anda melakukan pengereman. Lampu-lampu sen yang masih berteknologi bohlam halogen pun juga perlu diperhatikan dengan baik.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com