TIPS: Ban Punya Peran Vital Saat Mudik, Lakukan Selalu 7 Hal Ini

TIPS: Ban Punya Peran Vital Saat Mudik, Lakukan Selalu 7 Hal Ini

Dari sekian banyak komponen dan kelengkapan vital di mobil, satu yang sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan saat dipakai mudik adalah ban. Punya tugas menapakkan mobil ke jalan dan menyalurkan energi mesin menjadi gerak mobil, menjadikan si karet bundar ini wajib selalu mendapat perhatian dari sebelum mudik sampai ketika di perjalanan.

"Ban harus selalu dalam kondisi yang prima. Tidak ada kompromi untuk ban mobil yang dipakai mudik," tegas Robbit, teknisi Nissan yang OtoDriver temui di rest area KM 57 tol Cikampek pekan lalu.

 

 

Berikut adalah beberapa kondisi yang harus selalu dilakukan agar ban mobil dapat berputar sempurna dan selamat sampai tujuan:

 

1. Cek tekanan angin
Walau bosan, tapi mengecek tekanan angin keempat ban adalah hal yang wajib dilakukan untuk memastikan ban selalu prima. Jika secara visual terlihat kekurangan angin, maka segera cari bengkel atau rest area untuk tambah angin. Jika dibiarkan tekanannya kurang, maka konsumsi BBM akan boros dan ban berisiko meletus karena dinding ban bergesek dengan aspal.

 

 

2. Jangan injak benda asing
Saat melaju di jalan dan melihat benda asing, sebaiknya hindari. Perhatikan kondisi sekitar mobil agar tak menimbulkan manuver berbahaya. Jika nekat melindas benda asing, bisa saja benda tersebut tajam seperti potongan besi, sebungkus paku dan semacamnya.

 

3. Jangan mengerem mendadak
Agar ban awet dan tak mudah rusak, maka hindari mengerem tiba-tiba agar gesekan ban ke aspal tak terlalu banyak. Utamanya di mobil tanpa ABS.

 

4. Jangan wheel spin
Seperti saat rem mendadak, akselarasi mendadak hingga wheel spin akan menggerus dan merusak ban lebih cepatr. Selainitu, bahan bakar yang terbuang ketika akselarasi mendadak juga lebih banyak alias tidak efisien.

 

5. Sebisa mungkin gunakan angin nitrogen
Karena molekul nitrogen yang lebih besar dibanding angin biasa maka kemungkinan untuk ban kempis juga lebih kecil. Nitrogen juga memiliki sifat konstan untuk tekanannya, sehingga kenaikan tekanan tak terlalu terpengaruh suhu ban dibanding udara biasa.

 

 

6. Pastikan ban serep siap pakai
Janga sampai ban serep kurang angin, rusak, atau bahkan sulit diakses ketika saatnya dibutuhkan dalam keadaan darurat. Sebelum jalan mudik atau balik, pantau terus ban serep. Pastikan kondisinya selalu oke. Pastikan pula perlengkapan dongkrak dalam kondisi prima dan terbawa di mobil.

 

7. Semir ban
Saat ada kesempatan mencuci mobil, bersihkan ban dengan sentuhan akhir semir bagian dindingnya. Saat menyemir, perhatikan juga tak ada bagian yang rusak, sobek atau benjol.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com