TIPS: Atur Penempatan Barang Bawaan di Bagasi Agar Mudik Aman dan Nyaman

TIPS: Atur Penempatan Barang Bawaan di Bagasi Agar Mudik Aman dan Nyaman

Salah satu keuntungan mudik menggunakan mobil pribadi adalah kebebasan membawa barang bawaan. Apalagi jika menggunakan MPV besar seperti Toyota Kijang Innova maupun Nissan Serena, bawaan seperti koper tentu mudah dilahap bagasi. 

Tapi jangan asal memuat barang bawaan. Sebab, penataan muatan barang yang salah ternyata bisa mempengaruhi performa mobil sampai kenyamanan berkendara. Laman resmi Hyundai Indonesia (21/6) memberi tips dan panduan mengenai penataan barang bawaan mudik di kabin yang baik. Simak di bawah ini.

 

 

1. Prioritas barang yang dibawa
Mengingat ruang kabin yang tersedia untuk menempatkan barang-barang sangat terbatas, sebaiknya buat prioritas. Pastikan hanya barang-barang yang dibutuhkan saja yang dibawa. 

2. Jangan mudah bergeser
Jika masih ada sisa ruang pada bagasi, sebaiknya pastikan barang yang sudah disusun tidak akan bergeser. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah potensi bahaya ketika mobil bermanuver. Bila perlu ikat barang bawaan atau manfaaatkan semacam cargo net.

3. Jangan menghalangi kaca belakang
Bila barang yang Anda bawa jumlahnya banyak, pastikan tumpukan barang tersebut tidak melebihi tinggi sandaran jok belakang. Karena kaca spion tengah harus selalu dalam tanpa halangan untuk memantau kondisi dari kaca belakang.

 

 

4. Tutupi barang bawaan
Ketika sudah tersusun rapih, ada baiknya menutup bagian atas susunan muatan tersebut dengan penutup. Kain atau bahan semacam terpal bisa dimanfaatkan sebagai penutup. Ini untuk meminimalisir tindak pencurian ketika mobil diparkir saat istirahat atau semacamnya.

5. Barang bawaan tak menimbulkan bunyi
Barang yang bergerak, dapat dipastikan akan menimbulkan suara, terlebih barang-barang yang mudah pecah akan membuat konsentrasi penumpang dan pengemudi terbelah. Maka pastikan tak ada suara aneh dari barang bawaa. Jika masih timbul suara sebaiknya atur ulang penempatannya agar jadi lebih baik dan aman.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com