Ternyata Mobil Harus Diajak Ngebut Demi "Kesehatan"

Ternyata Mobil Harus Diajak Ngebut Demi "Kesehatan"

Ternyata berkendara dengan halus dan dalam kecepatan rendah sesekali boleh ditinggalkan, hal ini demi 'menjaga "kesehatan" mesin mobil Anda. Dapur pacu mobil Anda sebenarnya butuh dipacu dalam kecepatan tinggi. Kenapa demikian?

Hal tersebut dilakukan untuk mengeluarkan endapan karbon di ruang bakar. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Arkadia Prajatma, Head Mechanic AHT Garage. Ia menjelaskan bahwa pembentukan endapan karbon di ruang bakar justru disebabkan mobil sering berjalan pelan, terutama di kota-kota besar yang biasanya kerap didapati kemacetan.

 

"Dengan kondisi jalan di Jakarta yang macet dan mobil berjalan di rpm rendah. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan karbon di ruang pembakaran mesin," ujar pria yang piawai memodifikasi mesin tersebut.

Selain itu, penumpukan karbon pada ruang bakar juga dapat menyebabkan mesin menjadi 'pincang'. Arkadia menambahkan, salah satu cara meminimalisir hal tersebut dengan sesekali mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Namun dengan catatan tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

“Selain tune-up, mobil cukup diajak ngebut sesekali untuk menghilangkan dan membakar karbon yang menumpuk di ruang pembakaran. Tapi tetap patuhi peraturan yang ada dan jangan ugal-ugalan” tutupnya.

Metode ngebut demi mengusir endapan karbon ini mirip dengan olahraga, misal lari pagi atau fitness, yang dilakukan oleh manusia demi menjaga kebugaran tubuhnya. Mobil pun demikian, agar mesin tetap bugar, sesekali perlu ngebut, ya. 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com