Tak Cuma Produksi Mobil, 6 Merek Ini Juga Bikin Pesawat Terbang

Tak Cuma Produksi Mobil, 6 Merek Ini Juga Bikin Pesawat Terbang

Kehadiran pesawat light business jet HA-420 atau HondaJet buatan Honda di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta beberapa hari lalu (26/9) tidak hanya disambut dengan animo tinggi oleh penggemar aviasi. Penggemar otomotif atau petrolhead juga memiliki antusias yang tinggi terhadap hasil karya perusahaan yang aktif berjualan mobil di Indonesia sejak tahun 1977 itu.

Merancang pesawat memang lebih sulit dibandingkan merancang mobil, hal ini terbukti dari lamanya waktu pengembangan HondaJet selama lebih dari dua dekade. Meskipun sulit, ternyata Honda bukan satu-satunya pabrikan otomotif yang juga membuat pesawat.

Piaggio P180 Avanti

 

Dan inilah deretan pabrikan otomotif yang juga membuat dan pernah membuat pesawat:

1. Honda
Pembuat mobil yang kantor pusatnya ada di Tokyo ini memang dikenal sebagai produsen mobil-mobil canggih dan inovatif, Honda berhasil menuangkan beragam inovasi dari mobil menjadi pesawat yang dimulai pada 1990 ketika rancangan awal HondaJet dibuat. Setelah proses pengembangan yang lama, pesawat light jet dengan kapasitas 4 hingga 6 penumpang lepas landas untuk pertama kalinya pada 2010 dan pengiriman pertama kepada pembeli pada tahun 2017 ini.

 

2. Mitsubishi
Pada 2015 tepatnya ketika berlangsung Singapore Air Show, Mitsubishi memperkenalkan pesawat MRJ (Mitsubishi Regional Jet) yang merupakan jet regional dengan mesin ganda dengan daya angngkut 70 hingga 90 orang. Yang menarik dari pesawat berlogo tiga berlian ini, ternyata dikembangkan bukan hanya oleh Mitsubishi tetapi juga bersama dengan Toyota. Pesawat ini dijadwalkan akan dikirim kepada pembeli pada 2017 ini.

3. Rolls-Royce
Merek satu ini memang bukan produsen pesawat terbang, tapi Rolls-Royce memiliki peran besar dalam industri penerbangan karena perusahaan asal Inggris inilah yang membuat mesin jet untuk pesawat Airbus dan Boeing modern. Mesin Trent yang dibuat Rolls-Royce bahkan disebut-sebut sebagai mesin propulsi jet paling populer di dunia. sebanyak 40% dari seluruh pesawat jet menggunakan mesin ini. Salah satunya adalah pesawat Boeing 787 Dreamliner.

Mitsubishi Regional Jet

 

4. Piaggio
Merek asal Italia ini memang sangat sedikit dalam memproduksi mobil. Piaggio lebih terkenal dengan produk bergaya stylish dan praktis, dan hal tersebut mereka aplikasikan ketika memproduksi pesawat terbang, Piaggio P180 Avanti. Pesawat yang penggunaanya kerap dipakai keperluan bisnis ini memiliki desain tak lazim, ia punya sayap dengan haluannya diduduki mesin turbo propeller. 

5. SAAB
Pabrikan mobil asal Swedia ini mampu membuat mobil canggih dengan penuh perhitungan ketika dirancang oleh insinyurnya dan menghasilkan detail yang cantik. Hal ini tidak datang begitu saja melainkan dari pengalaman SAAB membuat pesawat tempur sejak 1937. Salah satu pesawat tempur yang paling terkenal buatan SAAB adalah JAS-39 yang mampu menyaingi F-16 asal Amerika Serikat.

6. Ford
Siapa sangka pabrikan mobil asal Michigan, Amerika Serikat ini pernah memproduksi pesawat terbang. Berawal dari kebutuhan transportasi jarak jauh pasca Perang Dunia I, merek yang sudah gulung tikar di Indonesia ini kemudian merancang Trimotor sebagai pesawat terbang sipil yang juga dapat sewaktu-waktu digunakan untuk kebutuhan militer. Dengan tiga mesin propeller, dan kapasitas penumpang sebanyak 23 orang pesawat ini diproduksi hingga 199 unit dan terjual sejak 1926 sampai 1933.

Penulis: Avicena Pratikto

JAS-39

 

Ford Trimotor
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com