Suzuki Karimun Wagon R Rakitan Indonesia Justru Diminati Negara Lain?

Suzuki Karimun Wagon R Rakitan Indonesia Justru Diminati Negara Lain?

Begitu ramainya produsen mobil saat ini meluncurkan produk baru atau sekedar penyegaran di berbagai segmen. Berbeda dengan Suzuki yang saat ini memiliki tiga produk yang menjadi tulang punggung penjualannya.

Pertama adalah kendaraan komersial yang berkontribusi sebanyak 35 % dari total penjualan. "Dulu mungkin tahun 2010 ke bawah 45 % mobil passenger dan 55 % komersial. Kalau sekarang kan sudah berubah, 65 % di passenger 35 % di komersial posisinya," terang Donny Saputra selaku Head of Marketing PT Suzuki Indomobil Sales.

 

Kemudian, ada produk yang baru saja diluncurkan dan langsung berkontribusi besar untuk segmen passenger yaitu All New Ertiga. Fakta mengejutkan justru terkuak dari produk andalan ketiga yang ternyata adalah Suzuki Karimun Wagon R. "Walaupun secara volume domestik sangat kecil, Karimun Wagon R kira-kira di angka 500 unit per bulan tapi untuk ekspor kami di angka 3000 unit per bulan, jadi kira-kira 1/7 untuk domestik 6/7 untuk ekspor," jelas Donny

"Harapan kami begini, pada saat kita mengembangkan produk tidak hanya kuat di pasar lokal saja kalau bisa bagaimana kita expand untuk ekspor," tutupnya saat kami temui di akhir acara Media Test Drive All New Ertiga di Bali. Produk lainnya seperti Ignis, S-Cross, Baleno dan lain-lain menjadi pendukung seperti salah satu contoh dari Suzuki Grand Vitara yang terjual 5 unit tiap bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com