SUV Pertama Proton Akan Datang Dari Tiongkok?

SUV Pertama Proton Akan Datang Dari Tiongkok?

Proton yang merupakan merek asal Malaysia resmi dibeli hampir setengah dari keseluruhan sahamnya oleh merek asal Tiongkok, Geely. Banyak yang memprediksi hasil dari kolaborasi strategis ini akan melahirkan SUV pertama Proton.

Hal tersebut sangat memungkinkan, sebab Proton bisa saja mengambil basis salah satu SUV yang sudah dibuat Geely. Seperti yang dilaporkan Pandulaju (27/5), Geely Boyue disebut-sebut paling pas untuk dijadikan SUV pertama Proton.

 

 

Boyue sendiri tergolong jadi SUV yang laris di daratan Tiongkok. Mobil lansiran Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd (Geely) tersebut memiliki mesin bensin 1.800 cc turbo dan 2.000 cc.

Untuk tipe Boyue 1.800 cc, mampu menghasilkan daya 181 dk pada 5.500 Rpm dan torsi 285 Nm. Sedangkan yang 2.000 cc tak kalah menggiurkan, 139 dk dengan torsi puncak 178 Nm.

Sebelum "dibeli" Geely, Proton sendiri sempat mendatangkan Suzuki Ertiga ke Malaysia dan mengganti emblem Suzuki menjadi Proton (rebadge). Hal itu untuk memenuhi kebutuhan akan Low MPV yang tak dimilikinya.

Sementara itu kesulitan yang diprediksi akan dialami dalam menghadirkan calon SUV pertamanya itu adalah pada posisi kemudi yang berada di kiri. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari Proton maupun Geely terkait Boyue yang akan bermerek Proton.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com