Songsong Masa Depan, Pelat Nomor Akan Beralih ke Digital

Songsong Masa Depan, Pelat Nomor Akan Beralih ke Digital

Usaha Dubai dalam mengembangkan teknologi pendukung transportasi semakin terlihat. Langkah awalnya bermula dari teknologi plat nomor digital yang akan mulai diuji coba bulan depan. Beberapa kendaraan di Dubai akan mendapatkan pelat nomor digital dalam bentuk plat nomor pintar yang dibekali layar, GPS dan pemancar digital. Berdasarkan berita yang dilansir BBC, pelat nomor tersebut mampu mengirimkan informasi ke pihak penanganan gawat darurat saat pengemudi mengalami kecelakaan.

Menurut keterangan Kepala Departemen Perijinan Kendaraan dari Roads and Transport Authority (RTA) Dubai, Sultan Abdullah Al-Marzouqi, selain dapat menghubungi pihak kepolisian dan layanan ambulans setelah terjadi kecelakaan, teknologi pelat nomor canggih ini dapat mengirimkan informasi secara langsung ke pengendara lainnya mengenai kondisi lalu lintas atau kecelakaan yang terjadi di depannya.

 

Pelat nomor ini disebut-sebut juga dapat mengubah tampilan angka menjadi peringatan jika kendaraan atau pelat nomor itu dicuri. Pun begitu juga berfungsi untuk melakukan pembayaran tilang, tarif parkir, hingga pajak tahunan dengan mengurangi saldo secara langsung dari akun penggunanya. Pelat ini dapat diganti melalui aplikasi atau website yang disediakan RTA.

Belum ada kejelasan mengenai harga dari teknologi ini, namun Sultan Abdullah menyebutkan bahwa harga final baru akan diketahui setelah uji coba berakhir di bulan November. Bagaimanapun tetap ada sedikit isu mengenai keamanan privasi dan informasi yang sedang berkembang, mengingat RTA dapat melacak keberadaan pengendara.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com