Simpel Namun Vital, Tekanan Angin Ban Tak Boleh Kurang dan Berlebihan

Simpel Namun Vital, Tekanan Angin Ban Tak Boleh Kurang dan Berlebihan

Tekanan angin pada ban tentunya punya peranan sangat penting dan vital untuk mobil. Jika bagian ini tidak diperhatikan, tentunya risiko bisa mengancam pengemudi maupun penumpang pada ketika mobil melaju.

Rudi Gumanto selaku kepala mekanik bengkel Victory Auto Sport menjelaskan bahwa tak hanya tekanan angin yang kurang, tekanan angin yang berlebih pun dapat menyebabkan risiko.

 

 

"Bila ban mobil diisi dengan tekanan angin yang berlebih dan tidak sesuai, dapat mengalami risiko keausan di bagian tengah pada ban dan bisa pecah saat menabrak lubang atau membentur benda keras lainnya," ujar Rudi saat ditemui di Jakarta Selatan (1/5).

"Kalau angin bannya kurang, efeknya dapat mengalami panas berlebihan karena gaya gesekan dan bisa berpotensi meledak juga," lanjutnya.

Sebab, ban yang kurang tekanan angin dan dipakai terus menerus, akan menimbulkan keausan pada dinding ban. “Jika ban kurang tekanan angin digunakan terus menerus, bakal terjadi keusan di dinding ban dan berpotensi rusak lebih cepat,” kata Rudi.

Maka sebaiknya sebelum mengemudi biasakan cek tekanan angin keempat ban. Angka ideal tekanan angin bisa dilihat pada label stiker yang biasanya tertempel di bagian dalam pintu pengemudi.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com