Selamat Hari Lampu Lalu Lintas Sedunia

Selamat Hari Lampu Lalu Lintas Sedunia

Ada yang menarik jika membuka laman Google hari ini. Pengunjung situs mesin pencari terbesar di dunia itu menampilkan gambar kondisi jalan raya masa lampau, dilengkapi satu unit lampu lalu lintas berwarna merah dan hijau. Ternyata, Google ikut mengenang sejarah ditemukannya lampu lalu lintas pertama di Inggris.

Dilansir dari Google, tanggal 5 Agustus 1868 silam merupakan pertama kalinya lampu lalu lintas diperkenalkan. Sistem lampu itu pertama kali diperkenalkan oleh Lester Farnworth Wire untuk lalu lintas di London. Ketika itu, warnanya hanya berupa merah dan hijau. Tujuannya untuk mengatur ketertiban di jalan raya yang mulai dipadati kendaraan.

Namun penggunaan lampu itu tidak bertahan lama. Pada Januari 1869, lampu tersebut meledak dan melukai seorang polisi. Warga dan pengguna jalan pun panik dan menolak keberadaan lampu tersebut. Hal itu yang mengilhami Garret August Morgan untuk merancang lampu lalu lintas yang lebih aman, efektif, dan efisien.

Dalam pengembangannya, Morgan menambahkan satu lampu lagi yang berwarna kuning. Hal itu sebagai peringatan kepada pengemudi agar bersiap untuk menghentikan laju kendaraannya. Lampu merah merupakan peringatan agar kendaraan berhenti, dan lampu hijau berarti mobil boleh melintas.

Pada 1922, seorang petugas polisi bernama William Potts menyempurnakan lampu lalu lintas tersebut. Kini, perubahan lampu itu tidak dilakukan secara manual, melainkan otomatis melalui sistem elektronis. Sistem yang dipakai sejak Maret 1922 itu pun bertahan hingga era modern saat ini. 'Selamat Hari Lampu Lalu-Lintas Sedunia'

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     

    Bagikan

    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com