Sebuah Rencana Unik Dari Ridwan Kamil Untuk Mengurangi Kecelakaan

Sebuah Rencana Unik Dari Ridwan Kamil Untuk Mengurangi Kecelakaan

Ridwan Kamil yang merupakan Gubernur Jawa Barat memiliki sebuah rencana untuk meningkatkan keselamatan bagi pengguna kendaraan bermotor. Rencananya tersebut adalah membuat pagar pembatas di sisi pinggir jalanan dengan jurang menggunakan tabung silinder yang bisa berputar yang dibarapkan bisa meredam hantaman saat terjadi kecelakaan.

OtoDriver pun mengetahui hal ini karena Ridwan Kamil menyampaikannya dalam akun Instagram pribadi miliknya. Disampaikan pula bahwa pagar pembatas dari tabung silinder itu bakal dipasang di beberapa ruas jalan di daerah Jawa Barat. 

 

"UNTUK MENGURANGI KECELAKAAN di jalan besar antar kota antar propinsi yang berliku dan banyak melewati jurang, Pemprov Jabar akan menggunakan teknologi baru pagar pembatas jurang bersilinder putar. Pagar ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar. ia mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi sehingga mobil menjadi melipir kesamping ketimbang terus ke depan. Sementara teknologi ini adalah buatan Korea Selatan. Semoga solusi ini membuat jalanan kita lebih aman. Hatur Nuhun," ungkap Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya.

Sebenarnya Malaysia adalah salah satu negara yang sudah menerapkan sistem pagar tabung silinder serupa. Kementerian Pekerjaan Malaysia menerapkan hal ini pada Oktober 2016 dan pembatas tersebut disuplai dari Korea Selatan.

Jika dilihat secara seksama dari foto-foto yang ada, pembatas tersebut terdiri dari pipa baja dan terdapat sebuah tong plastik di tengahnya. Peran tong-tong tersebut berperan untuk menyerap energi tumbukan saat terjadi tabrakan dan mendorong kembali mobil ke jalan. 

Lokasinya dipilih di wilayah tertentu karena banyak terjadi kecelakaan di sana. Tong-tong itu terpasang sepanjang 100 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com