Sama-sama Turbo, Pilih Honda Civic Hatchback Atau Volkswagen Golf TSI?

Sama-sama Turbo, Pilih Honda Civic Hatchback Atau Volkswagen Golf TSI?

Honda Civic Hatchback bisa dibilang tidak memiliki rival yang kuat di dalam segmennya. Mungkin mobil asal Jepang ini hanya bisa dihadapkan langsung dengan pesaing asal Jerman yaitu Volkswagen Golf TSI yang juga hatchback tulen.

Dari segi harga, Civic Hatchback memiliki banderol Rp 438 juta dan Volkswagen Golf TSI yang mencapai Rp 600 jutaan dan bisa dibilang terpaut jauh. Namun apakah Honda Civic Hatchback dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik?

 

 

Bicara dari dimensinya, wheelbase Civic Hatchback lebih panjang 63 mm ketimbang Golf. Begitu juga dimensi panjang keseluruhannya, andalan Honda itu lebih panjang hingga 246 mm dibanding Golf. Praktis Civic Hatchback memiliki kabin yang lebih luas.

Lanjut ke sektor mesin. Keduanya hadir dengan mesin mungil yang dilengkapi turbo. Volkswagen Golf hadir dengan unit 1.400 cc empat silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga 150 dk dengan torsi 250 Nm.

 

 

Bagaimana dengan Civic Hatchback? Ternyata Honda menjejali kubikasi lebih besar, yakni 1.500 cc empat silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dari Golf. Tepatnya 173 ps. Namun memang untuk torsinya, Civic Hatchback kalah unggul dari Golf karena hanya tercatat sebesar 220 Nm.

Untuk penyalur daya, Civic Hatchback dilengkapi transmisi CVT yang menjanjikan efisiensi bahan bakar dan responsifitas yang baik. Sedangkan Golf TSI memiliki transmisi yang lebih canggih yaitu Direct Shift Gearbox. Teknologi transmisi yang tersohor dengan singkatan DSG ini merupakan transmisi otomatis dengan kopling ganda yang sudah pasti memberikan kesenangan berkendara karena perpindahan gigi yang cepat.

Namun, OtoDriver sudah pernah melakukan pengetesan akselerasi keduanya dan ternyata Civic Hatchback mampu berkaselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik sedangkan Golf TSI hanya mampu mencatatkan 8,5 detik. 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com