Renault dan Mercedes-Benz Kembangkan Mesin 1.300 Turbo Titisan Nissan GT-R

Renault dan Mercedes-Benz Kembangkan Mesin 1.300 Turbo Titisan Nissan GT-R

Renault memperkenalkan mesin terbaru, unit tipe bensin dengan kubikasi 1.300 cc dan sudah dilengkapi dengan turbo. Mesin anyar ini dikembangkan bersama dengan Nissan dan Mercedes-benz. 

Bongkah dapur pacu yang diberi label Energy TCe 140 ini bakalan mulai tersedia tahun depan pada model Scenic dan Grand Scenic. Namun tak menutup kemungkinan juga jantung pacu ini bakalan digunakan di produk Renault lainnya, atau bahkan produk Nissan juga. 

 

"Mesin bensin terbaru kami menggunakan semua keahlian insinyur Renault, aliansi dan partner kami Daimler. Mesin memenuhi kualitas standar baik dari aliansi dan Daimler dengan pengetesan selama lebih dari 40.000 jam. Dibanding Energy TCe 130, mesin baru Energy TCe 140 mengasilkan tambahan torsi 35 Nm yang bisa dicapai di putaran mesin yang lebar, dari 1.500 rpm sampai 3.500 rpm," papar Philipe Brunet, Wakil Presiden Aliansi untuk Powertrain dan mobil listrik.

Tenaga yang dihasilkan pun bervariasi. Antara 115 dk sampai 160 dk berpadu dengan pilihan transmisi manual, atau transmisi otomatis EDC dual clutch.

Berkat adanya teknologi yang dikembangkan oleh aliansi ketiganya, mesin ini mengusung beberapa fitur baru seperti Bore Spray Coating yaitu teknologi coating silinder yang diambil dari Nissan GT-R. Fitur itu memungkinkan mesin lebih baik dalam hal efisiensi karena bisa mengurangi friksi dan mengoptimalkan perpindahan panas. 

Mesin terbaru Renault ini diklaim memiliki torsi besar pada Rpm rendah namun juga torsi yang lebih stabil pada Rpm tinggi. Meski begitu faktor kenyamanan masih menjadi yang utama. Renault mengatakan mesin lebih responsif sehingga asyik untuk diajak bermanuver.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com