Rawat Dasbor Agar Tetap Kinclong Dan Panjang Umur

Rawat Dasbor Agar Tetap Kinclong Dan Panjang Umur

Dasbor mobil merupakan satu komponen yang selalu kita lihat saat berkendara. Kondisi dasbor sangat mempengaruhi aura kabin. Sayangnya, dasbor bisa menurun kondisinya jika tidak dirawat dengan benar.

Membersihan dasbor mobil menjadi sebuah kewajiban, jika anda mau mendapatkan interior yang bersih nan sehat. Selain mendapat keuntungan tersebut, menjaga kebersihan dasbor mobil juga ternyata bisa memperpanjang usia dasbor itu sendiri.

"Dasbor itu bermacam macam materialnya, ada plastik kualitas rendah, plastik berkualitas bagus, ada juga yang berbahan fabric (material empuk). Karena sering terpapar panasnya sinar matahari tentu sangat berpengaruh pada usianya," buka Denny Yohannes, Technical Support dari Meguiar's Indonesia.

Apalagi jika pemilik mobil tak peduli terhadap dasbor mobilnya, debu pasti hinggap di dasbor yang membuat tampilannya tak sedap dipandang. Maka biasakanlah merawat dasbor mobil kesayangan agar tetap mentereng, karena caranya sangat mudah.

"Pertama lihat dulu permukaan dasbor, apakah plastik atau fabric. Jika plastik pakai lap microfibre dulu untuk mengangkat debu," saran Denny. Pria berkulit sawo matang itu kemudian menyarankan agar lanjut mengelap dasbor dengan lap chamois lembab, setelah itu bisa diakhiri dengan mengeringkan dasbor dengan chamois.

Untuk mempertahankan kebersihan dan warna dasbor bisa juga diakhiri dengan menyemprotkan cairan pengilap dasbor. Di pasaran yang populer digunakan adalah merek Meguiar's, KIT, Carrera dan Waxco.

Nah, untuk dasbor dengan permukaan fabric dan kulit bisa dengan mengelap menggunakan kain microfiber saja. Sama seperti dasbor plastik, bersihkan seluruh permukaan sampai sudut-sudut dan kisi-kisi AC sampai tak ada debu tertinggal.

Sebenarnya dasbor jenis ini tak perlu dilap pakai chamois lembab. Anda bisa langsung mengusap dengan cairan pembersih khusus untuk dasbor fabric. Contohnya adalah Waxco Tough Stain atau Meguiar's Ultimate Interior Detailer. 

Mengelap dasbor mobil dengan kain microfiber atau lap chamois bisa anda lakukan seminggu sekali atau empat hari sekali. Namun untuk menyemprotkan cairan pengkilap dasbor lakukan sebulan sekali saja sudah cukup. 

Selain itu, memarkir mobil di tempat teduh juga akan membuat dasbor lebih terlindung dari sinar matahari. Hindari menggunakan material pelekat seperti double tape atau isolasi di dasbor. Perekatnya bisa membekas saat dilepas.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com