Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi Akan Punya Jalan Tol Baru

Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi Akan Punya Jalan Tol Baru

Jasa Marga siap membangun beberap jalan tol baru ditandai dengan ditandanganinya Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pekan lalu. Setidaknya proyek jalan tol baru itu ada di tiga pulau besar Indonesia.

Seperti yang dirilis dalam siaran persnya akhir pekan lalu, Jasa Marga telah menandatangani 3 PPJT yaitu untuk Jalan Tol Pandaan-Malang (37,62 km), Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (99,35 km) dan Jalan Tol Manado-Bitung (39 km). Seremonial penandatanganannya dilakukan di Istana Negara dan dengan disaksikan Presiden Joko Widodo.

Untuk Jalan Tol Pandaan - Malang yang biaya investasinya sebesar Rp 5,97 triliun itu direncanakan mulai dioperasikan pada tahun 2019 mendatang. Disebutkan nantinya tol baru ini akan terkoneksi dengan Jalan Tol Gempol - Pandaan yang sudah beroperasi sejak bulan Juni 2015. 

Sementara jalan tol Balikpapan-Samarinda rencananya mulai bisa beroperasi pada 2018 mendatang. Tol di pulau Kalimantan ini terbagi dalam 5 seksi, yaitu Seksi 1: km 13-Samboja (22,03 km), Seksi 5: Bandara Sepinggan-km 13 (11,09 km), Seksi 2: Samboja-Muarajawa (30,98 km), Seksi 3: muarajawa-Palaran (17,30 km) serta Seksi 4: Palaran-Samarinda (17,95km).

Di pulau Sulawesi yang akan dibangun jalan tol Manado - Bitung diprediksi bisa beroperasi pada tahun 2018. Jalan tol yang punya nilai investasi sebesar Rp 5,12 triliun ini terbagi dalam Ruas Ring Road Manado-SS Air Madidi (14 km) dan Ruas SS Air Madidi-Bitung (25 km).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com