Porsche 911 Tertua Sukses Ditemukan dan Bangkit Dari Kubur

Porsche 911 Tertua Sukses Ditemukan dan Bangkit Dari Kubur

Porsche 911 bisa dibilang salah satu mobil legendaris asal Jerman yang sampai hari ini pengembangannya terus dilakukan. Dan kini Porsche Museum di Jerman punya satu koleksi 911. Tapi bukan yang terbaru, justru yang tertua.

Coupe merah ini tercatat diproduksi pada 1964. Era di mana Indonesia saat itu mungkin belum banyak berseliweran Porsche, atau kira-kira tepatnya setahun sebelum peristiwa G30S/PKI 1965.

 

Kembali ke Jerman. Kurang lebih 50 tahun usia 911 langka ini, sebelumnya pada 2014 ia ditemukan membangkai di salah satu rumah. Dan setelah melalui proses, berhasil dibeli oleh museum Porsche.

Dikutip dari Paultan (17/12), ternyata sebelum membeli bangkai 911 lansiran 1964 ini, museum tersebut tak memiliki 911 dengan tahun produksi lebih tua dari ini.

 

Bangkai 911 yang ditemukan ini tercatat punya kode sasis 300.057 dan ternyata unit tersebut adalah salah satu yang langka! Tantangan restorasi pun dihadapkan oleh museum Porsche.

Dari penulusuran, unit jaman old ini sama sekali belum pernah mendapat restorasi apapun. Mulai dari mesin, transmisi, elektrikal sampai interior digarap sangat teliti dan telaten dengan prinsip serupa saat mobil ini dibuat 50 tahun lalu.

Saat menggarap pun disebut mengutamakan mengembalikan fungsi seluruh komponen yang ada ketimbang mengganti baru. Hasilnya, kurang lebih 3 tahun menjalani restorasi, sang 911 era 1964 akhirnya berhasil lahir kembali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com