Pertama Kali di Dunia! Mobil Listrik Produksi Massal Akan Diadu Dalam Balapan

Pertama Kali di Dunia! Mobil Listrik Produksi Massal Akan Diadu Dalam Balapan

Tahun ini menjadi awal mula ajang seri balapan mobil listrik produksi massal atau Electric Production Car Series (EPCS). Kelas ini menjadi kategori utama dari Electric GT Championship yang secara resmi didukung oleh FIA.

Seri balapan ini akan melangsungkan debutnya pada bulan November 2018 nanti di Spanyol. Electric GT Holdings dan SPV Racing menyingkap mobil versi balap dari  EPCS V2.3 Tesla Model S P100DL beberapa waktu lalu di Barcelona.

istimewa

P100DL adalah mobil yang akan digunakan oleh berbagai tim dan pebalap untuk bersaing di ajang one make race tersebut. Mobil ini sejatinya adalah versi lebih ringan dan bertenaga lebih besar dari Model S reguler dengan sedikit tambahan aero bits untuk menambah downforce.

Figurnya luar biasa, tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa motor listrik dapat menghasilkan tenaga sebesar 785 hp atau setara dengan 585 kw dan torsi mencapai 995 Nm. Karenanya, mobil balap full elektrik ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 250 km/jam dan menuntaskan sprint 0-100 km/jam dalam 2,1 detik. Berbagai tambahan lainnya seperti ban Pirelli P Zero yang dibuat khusus, piranti keselamatan dari OMP, dan sistem pengereman lansiran Alcon turut mendukung performanya di lintasan balap.

EPCS akan memulai musim perdananya dengan 10 seri balapan. Beberapa negara yang menjadi tuan rumah sebut saja Perancis, Jerman, Belanda, Inggris, Portugal, dan seri terakhir akan berlangsung di Spanyol pada bulan Oktober 2019 nanti. Setiap seri balap akan dimulai dengan sesi latihan selama 20 menit, diikuti dengan qualifikasi yang terdiri dari 3 heat selama 60 menit. Setelahnya, para pebalap akan berlaga di balapan siang hari menjelang senja dimana masing-masing berjarak total 60 km.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com