Perlukah Mobil Harian Menggunakan Busi Racing?

Perlukah Mobil Harian Menggunakan Busi Racing?

Terdapat beberapa tipe busi yang tengah beredar di pasaran. Di antaranya busi yang dirancang khusus untuk harian dan busi yang diperuntukkan untuk balap. Belakangan pun banyak yang sering melontarkan pertanyaan, "Apakah busi balap cocok untuk digunakan untuk mobil harian?"

Diko Oktoviano selaku Technical Support NGK Busi Indonesia mengungkapkan bahwa busi balap jelas-jelas tidak cocok digunakan untuk mobil harian. Mengapa demikian?

adit

 

Dalam keterangan pers yang kami terima dari pihak NGK Indonesia (14/9), busi yang digunakan di lintasan balap telah didesain dan dirancang secara khusus untuk aplikasi mesin yang berjalan pada kecepatan yang jauh lebih tinggi dan kompresi yang sangat tinggi dengan suhu, getaran, dan pembakaran yang melampaui kondisi di dalam mesin biasa alias standar.

Oleh karena itu, menggunakan busi khusus balap di kendaraan harian bukanlah ide yang baik. Dengan karakteristik busi balap yang didesain untuk penggunaan yang sangat ekstrim, dalam penggunaan pada mesin biasa dapat menyebabkan beberapa permasalahan.

Mulai dari masalah timbulnya deposit karbon berlebih hingga misfiring bukan tak ungkin menimpa mesin standar yang nekat dipasangi busi spek racing. Hal tersebut dapat diperburuk apabila mesin sering digunakan untuk jarak dekat dengan ritme stop & go.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com