Perhatikan 8 Hal ini Untuk Menghadapi Musim Penghujan

Perhatikan 8 Hal ini Untuk Menghadapi Musim Penghujan

Musim penghujan diprediksi bakal tiba sebentar lagi. Jika mengikuti siklus tahunan, bulan Oktober hingga Maret bakal merupakan periode datangnya hujan tiap hari.

Lantas, tak hanya “sedia payung sebelum hujan”, tentunya ada beberapa hal lain yang harus dipersiapkan untuk menghadapi musim penghujan. Salah satunya mobil.

Berikut adalah tips-tips yang harus dipersiapkan pada mobil Anda menyambut musim penghujan seperti dikutip dari Autoindustriya.com (28/9).

 

1. Lakukan perawatan dasar mobil

Jangan pernah menghiraukan masalah pada mobil Anda, apalagi jika musim penghujan melanda. Bayangkan mobil Anda mogok saat hujan melanda. Tentu bakal lebih merepotkan jika dibanding tidak terjadi hujan. Maka dari itu lakukan penggantian oli, mengecek tekanan angin ban, serta baut ban.

 

2. Cek kelistrikan mobil

Pastikan kabel-kabel dalam mobil Anda dalam keadaan baik. Jangan biarkan kabel terkelupas karena dapat menyebabkan korsleting saat terkena air. Selain itu, siapkan relay dan sekering cadangan pada mobil Anda

 

3. Lakukan perawatan wiper dan kaca

Wiper dan kaca dalam kondisi yang kurang baik tentunya mengurangi visibilitas berkendara ketika hujan. Maka dari itu, segera ganti karet wiper yang sudah getas dan pastikan kaca tidak dalam keadaan jamur ketika musim penghujan tiba.

 

4. Perhatikan karet-karet pada bagian pintu dan kaca

 

Piranti karet di bagian pintu dan kaca berperan penting untuk melindungi kabin mobil dari masuknya air dari bagian luar. Pastikan karet-karet pintu dan kaca tidak dalam keadaan getas agar air hujan tidak masuk ke kabin.

 

5. Cek peranti Seatbelt dan Airbag

 

Peranti ini berperan penting dalam keadaan darurat. Tak ada salahnya jika bagian ini diperiksa, sebelum berakibat fatal bagi penumpang yang berada di bagian mobil.

 

6. Cek bagian Anti Lock Braking System

 

Bagian ini juga tidak kalah pentingnya dengan bagian lain. Sistem ABS merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras. Bayangkan saja jika peranti ini tidak bekerja dengan baik dan harus melakukan rem mendadak saat jalan dalam keadaan basah. Tentu bakal berakibat fatal.

 

7. Cek lampu mobil

 

Selain membantu visibilitas sang pengendara, lampu juga berperan penting untuk mengetahui posisi mobil Anda bagi pengemudi lainnya. Pastikan tidak ada satupun lampu yang padam demi keselamatan Anda juga bagi orang lain.

 

8. Cek ban mobil

 

Bagian ini mungkin adalah yang terpenting. Ban mobil adalah bagian utama mobil yang menyentuh permukaan jalanan. Lantas, pastikan ban mobil tidak aus dan botak karena bakal membahayakan pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com