Penjualan Toyota Secara Global Tengah Merosot?

Penjualan Toyota Secara Global Tengah Merosot?

Toyota saat ini dilihat sebagai merek paling laris dalam hal penjualan di berbagai belahan dunia. Namun ternyata tidak sejak 2016 lalu, karena pada tahun tersebut Toyota berada di posisi kedua di bawah Volkswagen.

Pada 2017 ternyata Toyota kembali mengalami kemerosotan yaitu berada di bawah aliansi Nissan dan juga Volkswagen. Mengapa hal ini bisa terjadi?

 

Menurut yang diberitakan Nikkei (2/1), penjualan mobil Toyota secara global pada tahun lalu mencapai rekor 10.386.000 atau naik 2,1 persen dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan Volkswagen mencapai 10,74 juta unit atau  naik 4,3 persen pada periode yang sama. Sementara total untuk grup Renault-Nissan-Mitsubishi diperkirakan sama dengan Volkswagen.

Volkswagen sangat fokus di Tiongkok, di mana mereka diketaui telah meningkatkan volume 5,1 persen menjadi 4,18 juta mobil. Hal inilah yang membuat terjadi gap yang cukup jauh antara Toyota dengan Volkswagen.

Jika dirinci per wilayah, penjualan Toyota sebenarnya tumbuh 4,5 persen menjadi sekitar 2,33 juta di dalam negerinya karena didorong oleh mobil kompak baru. Kemudian penjualan di luar Jepang juga telah naik 1,4 persen menjadi 8.054.000 unit karena didukung oleh penjualan SUV seperti RAV4 serta peningkatan model hybrid di Eropa.

Namun ternyata penjualan Toyota di daerah Timur Tengah dan Amerika Serikat malah mengalami merosot masing-masing 14,9 persen dan 0,6 persen berbeda dengan Eropa dan Tiongkok yang mengalami pertumbuhan.

Untuk target di tahun ini, Toyota berencana untuk bisa menjual 10.495.000 mobum, naik 1 persen dari tahun lalu, dengan penjualan domestiknya diperkirakan turun 5 persen karena dampak dari perputaran model baru, tapi angka di luar negeri diproyeksi meningkat 3 persen.

Namun, perusahaan tersebut setidaknya harus meningkatkan penjualan dari tahun lalu untuk mendanai beban penelitian dan pengembangan yang semakin berat untuk teknologi terdepan, termasuk elektrifikasi dan autonomous.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com