Penggagas Mesin Rotary Mazda Tutup Usia

Penggagas Mesin Rotary Mazda Tutup Usia

Kenichi Yamamoto, seorang insinyur penemu program mesin rotary Mazda tutup usia. Yamamoto meninggal dunia di usia 95 tahun. Seperti diberitakan oleh Motor1 (27/11), Yamamoto adalah seorang penemu mesin rotor yang sampai sekarang jadi ciri khas Mazda. Tercatat Mazda Cosmo Sport merupakan mobil pertama yang menggunakan mesin rotary.

Yamamoto lahir di Hiroshima, Jepang, pada 1922. Dia lulus dari Tokyo Imperial University pada 1944 dan kembali ke kota asalnya setelah akhir Perang Dunia II. Namun dia menemukan rumahnya hancur total dan adik perempuannya meninggal dunia.

 

Untuk membantu keluarganya dan membangun hidupnya, dia memulai sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan truk lokal, Toyo Kogyo. Selang dua tahun, dia dipromosikan dari seorang pekerja pabrik ke manajemen dan memulai sebuah proyek untuk mesin baru, menghadirkan mesin kecil untuk truk roda tiga dengan logo Mazda.

Beberapa tahun kemudian, Yamamoto dipromosikan untuk memimpin tim insinyur teknik Mazda. Dia memimpin pengembangan keluarga mesin rotary Mazda. Pada 1964, pabrikan Jepang itu menampilkan salah satu model terpentingnya sepanjang sejarah, Cosmo Sport, yang ditenagai mesin twin-rotor.dan menjadi mobil produksi pertama di dunia dengan dapur pacu twin-rotor.

Harus diakui, mesin rotary temuan Mazda menjadi kekuatan fundamental selama era 1970-an. Yamamoto diangkat sebagai kepala penelitian dan pengembangan di akhir dekade '70-an. Ia kemudian menjadi Presiden Mazda pada 1985 dan chairman dua tahun kemudian.

Di bawah kepemimpinannya, Mazda juga mencatat prestasi gemilang di arena balap pada 1991. Satu tahun kemudian, dia pensiun dari perusahaan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com