Pastikan Komponen Berikut Berfungsi Maksimal Ketika Masuk Musim Hujan

Pastikan Komponen Berikut Berfungsi Maksimal Ketika Masuk Musim Hujan

Belakangan ini Indonesia tampaknya mulai memasuki  musim penghujan. Hal ini tampak dari cuaca yang mulai kerap hujan beberapa hari terakhir, khususnya di Jabodetabek. Hal ini pun menjadikan Anda wajib memeriksa lebih detail mobil kesayangan. 

Untuk menghadapi musim penghujan ini, ada beberapa bagian yang utama mobil yang harus diperhatikan agar tidak menghambat kegiatan Anda saat berkendara.

“Sebenarnya ada lima bagian utama yang menjadi hal paling utama untuk diperhatikan sebelum berkendara di musim hujan, yaitu wiper, ban, pengeraman, lampu dan juga AC,” ungkap Hardiyanto selaku Service Advissor BMW Astra Cilandak kepada OtoDriver (3/10).

 

 

Wiper menjadi hal utama dikarenakan tugasnya untuk menghapus air yang menerpa kaca depan. “Wiper menjadi bagian penting saat berkendara di musim hujan untuk memberikan padangan yang maksimal bagi pengemudi,” jelasnya.

Tak kalah krusial pada si kulit bundar alias ban. Sebab, keempat ban memiliki tugas untuk memberikan traksi yang baik di jalanan yang basah. Kembangan ban yang sudah tipis atau botak akan membuatnya tidak bekerja maksimal.

“Kondisi kembangan ban yang tipis tidak dapat memberikan traksi yang baik di jalanan basah dan juga membahayakan. Tekanan angin pun juga harus disesuaikan dengan standarnya,” kata Hardiyanto.

Sistem pengereman juga menjadi hal yang sangat penting karena salah satu faktor penentu keselamatan. Maka fungsi dari sistem ini harus diperhatikan dengan baik untuk menghadapi musim hujan. "Sistem pengereman sudah pasti penting. Tidak hujan pun sistem pengereman harus bekerja dengan baik," tambahnya.

Komponen yang wajib dipastikan berfungsi dengan baik adalah lampu. Sebab, lampu tidak hanya memiliki peran penting saat berkendara malam hari. karena saat hujan deras, lampu juga memiliki peranan yang penting. “Di saat hujan deras, jarak pandang yang terbatas juga akan terbantu oleh lampu karena pengemudi lain di belakang akan mengetahui posisi mobil lainnya,” tukas Hardiyanto.

Sedangkan komponen yang tak kalah pentingnya di kabin adalah AC. Ia berperan penting untuk menjaga suhu kabin. Perbedaan suhu antara kabin dengan udara di luar mobil yang terlalu jauh akan membuat kaca berembun.

“AC itu penting untuk menjaga suhu kabin. Apabila suhu kabin lebih panas dibandingkan dengan udara di luar, maka kaca mobil akan berembun dan mengurangi kualitas pandangan saat berkendara,” tutupnya.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com