Pabrik Mitsubishi Indonesia Diisi Pekerja Wanita Untuk Bagian Ini

Pabrik Mitsubishi Indonesia Diisi Pekerja Wanita Untuk Bagian Ini

Pabrik Mitsubishi yang memulai operasional produksi sejak setahun lalu diklaim menyerap tenaga kerja lokal cukup baik. Dari pantauan OtoDriver ke pabrik tersebut, di antara para pekerja yang memproduksi Xpander dan Pajero Sport adalah kaum wanita.

Rupanya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) memang sengaja merekrut pekerja wanita karena dianggap sudah setara dengan pria. "Hingga saat ini ada sekitar lima persen pekerja wanita di pabrik Mitsubishi ini," terang Takao Kato, Presiden Direktur PT MMKI saat jumpa pers (7/2).

 

Jika sudah setara dengan pria, lantas kenapa jumlah pekerja wanita masih sedikit? "Pabrik ini bukan lah seperti pabrik elektronik, wanita cukup mudah mengoperasikan segala hal. Di pabrik mobil banyak alat dan material berat yang hanya bisa diselesaikan oleh pekerja pria," seru Kato-San.

Ya, artinya yang dimaksud "setara" adalah skill dalam pekerjaan tertentu, bukanlah dari sisi tenaga. Dijelaskan pula bahwa pekerja wanita lebih banyak ditempatkan di bagian kendali mutu alias quality control dan inspection.

Mungkin naluri ketelitian dan kesabaran wanita dinilai paling pas untuk memastikan mobil-mobil buatan pabrik Mitsubishi "terlahir" sempurna.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com