Nissan Tak Mau Ambil Pusing Membuat Mesin Untuk Terra

Nissan Tak Mau Ambil Pusing Membuat Mesin Untuk Terra

Nissan Terra, produk terbaru yang belum lama resmi dijual di Filipina, bisa dibilang sebagai versi SUV dari Nissan Navara yang merupakan double cabin sejati. Bukan cuma 'pinjam' platform, Nissan juga seolah enggan ambil pusing membuat mesin baru.

Pihak Nissan memastikan kode mesin yang digunakan Terra dan Navara adalah identik alias sama. "Secara basis iya, sama. Tapi ada beberapa perubahan dan pengembangan. Ini karena menyesuaikan bobot dan penyesuaian antara pick up truck ke SUV. Tenaganya (antara Navara dan Terra) pada dasarnya mirip," ujar Hironori Awano, Chief Vehicle Engineer Nissan Terra yang kami temui di Clark, Filipina.

 

Mesin yang bersemayam pada d-cab tersebut berkode YD25 dengan kubikasi sebesar 2.500 cc. Propulsi ini mampu mencetak tenaga maksimum 163 dk dengan torsi 403 Nm. Namun Nissan telah menyesuaikan YD25 untuk SUV ladder frame pertamanya itu.

Dalam lembar spesifikasi, dapur pacu Terra yang berkapasitas 2.500 cc mampu merilis tenaga sampai 190 dk dan torsi maksimum mencapai 450 Nm! Padahal Awano-San percaya Navara lebih sering dipakai di medan off road.

Saat disinggung alasannya tak membuat mesin baru untuk Terra, Awano-San memberi jawaban yang simpel. Apalagi kalau bukan efisiensi biaya riset, pengembangan dan pembuatan sebuah mesin baru.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com