Nissan Rintis Kemampuan Mobil Baca Pikiran Pengemudi

Nissan Rintis Kemampuan Mobil Baca Pikiran Pengemudi

Nissan meluncurkan penelitian terbaru yang memungkinkan sebuah mobil menginterpretasikan sinyal dari pikiran pengendaranya. Teknologi bernama Brain-to-Vehicle atau B2V ini disebut dapat mempercepat reaksi pengendara dan mengarahkan mobil agar tetap beradaptasi untuk berkendara lebih menyenangkan.

“Ketika semua orang berbicara tentang kendaraan autonomous, visi mereka sangat tidak personal, karena manusia melepaskan kendali pada mesin. Teknologi B2V justru kebalikannya. Teknologi ini menggunakan sinyal dari pikiran pengendara untuk membuat berkendara lebih menyenangkan dan nyaman,” kata Executive Vice President Nissan, Daniele Schillaci dalam siaran pers (8/1).

 

Nissan akan mendemonstrasikan teknologi ini pada pameran Consumer Electronics Show 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. B2V merupakan pengembangan terbaru dari Nissan Intelligent Mobility, visi Nissan untuk mengubah bagaimana mobil dikendarai, ditenagai, dan terintegrasi dengan lingkungan di sekitarnya dan tentunya mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Terobosan terbaru dari Nissan ini merupakan hasil dari penelitian menggunakan teknologi penguraian kode pikiran untuk memprediksi tindakan pengendara dan mendeteksi ketidaknyaman:

Prediksi: Dengan menangkap tanda-tanda dari pikiran pengendara tentang sebuah gerakan – seperti memutar roda kemudi atau menekan pedal – teknologi driver assist dapat memulai aksi yang lebih cepat. Ini dapat memperbarui waktu reaksi dan meningkatkan berkendara secara manual.

Deteksi: Dengan mendeteksi dan mengevaluasi ketidaknyamanan pengendara, kecerdasan buatan (artificial intelligent) dapat mengubah konfigurasi berkendara dan gaya berkendara pada mode otonom.

"Potensi pengaplikasian dari teknologi ini sangat luar biasa,” kata Gheorghe. “Penelitian ini akan menjadi acuan untuk inovasi-inovasi dalam kendaraan Nissan pada tahun-tahun mendatang.”

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com