Mungkinkah Mobil Terbakar Sendiri Saat Parkir dan Mesin Mati?

Mungkinkah Mobil Terbakar Sendiri Saat Parkir dan Mesin Mati?

Baru-baru ini ada peristiwa yang cukup menghebohkan soal terbakarnya sebuah Honda Brio yang terparkir di dalam garasi rumah komplek Grand Wisata, Tambun, Bekasi. Menurut informasi yang OtoDriver himpun, mobil itu sedang tidak digunakan dan terparkir di dalam garasi karena sedang ditinggal untuk melakukan ibadah solat Idul Adha.

Melihat hal ini terjadi, OtoDriver menanyakan kepada ahlinya mengenai bagaimana bisa mobil yang sedang terparkir dan tidak menyala sama sekali bisa menghasilkan api dan akhirnya terjadi kebakaran?

“Banyak hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran pada mobil yang sedang terparkir. Kebanyakan hal memang lebih ke arah korsleting kelistrikan,” jawab Arkadia Prajatma selaku Kepala Mekanik Bengkel AHT Garage kepada OtoDriver (1/9).

 

YouTube

 

Ternyata menurutnya, banyak hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran saat mobil tidak diapakai sekalipun. “Alarm mobil yang korslet, kebocoran jalur BBM, atau sistem kelistrikan lain yang korslet karena kesalahan pemasangan perangkat elektronik tambahan lainnya,” jelas Arkadia.

Memasang perangkat elektronik tambahan harus dilakukan dengan orang yang ahli. Sedikit saja kesalahan akan menyebabkan korsleting dan bisa saja menjadi malapetaka kebakaran.

“Instalasi perangkat elektronik tambahan pada mobil jangan dianggap sepele, karena akan berakibat fatal dan mengancam keselamatan.” Tutupnya.

Baca juga:

TIPS: Ketahui 5 Ciri Alternator Bermasalah

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com