Mobil Baru Anda Datang?  Silakan Cek Dengan Cara Ini

Mobil Baru Anda Datang? Silakan Cek Dengan Cara Ini

Membeli mobil baru dari dealer bukan berarti selalu bebas masalah. Saat penyerahan kendaraan pun, Anda diminta untuk melakukan tanda tangan bahwa mobil tersebut sudah Anda terima dengan konidisi baru tanpa adanya cacat. Tapi jangan asal tanda tangan  

Anda sebagai konsumen yang pintar sebaiknya mengeceknya sendiri terlebih dahulu. Dealer akan lebih mudah menerima komplain bila Anda melakukan pengecekan dan seger menemukan kecacatan.

Apabila Anda sudah menandatangani dokumen tersebut dan Anda baru menenmukan kecacatan setelah beberapa hari setelahnya, dealer tidak akan menerima komplain tersebut karena Anda dianggap sudah menandatangani dokumen yang berisi bahwa mobil tersebut keadaannya sudah sesuai dengan yang Anda mau.

Ada beberapa titik yang Anda harus periksa saat Anda menerima mobil baru. Sedikit catatan, jangan pernah Anda mau menerima pengiriman di malam hari. Sebaiknya minta dikirim keesokan harinya disaat pencahayaan dalam keadaan optimal di siang hari.

EKSTERIOR

Pertama, periksalah seluruh bagian eksterior seperti lampu depan, lampu belakang, kaca spion, seluruh bagian kaca mobil. Perikslah lebih teliti soal cat dan kondisi bodi, jika ada goresan atau penyok Anda berhak untuk meminta ganti unit.

INTERIOR

Kedua, disaat kendaraan sampai di tempat Anda mintalah pihak dealer atau yang mengantarkan mobil Anda membuka plastik penutup jok. Ini untuk menghindari jika ada kecacatan yang ada pada jok pihak dealer tidak bisa mengelak. Selain itu periksalah seluruh bagian panel plastik ataupun kulit yang ada. Jika adanya goresan atau kerusakan pada bagian ini, Anda bisa menuntut untuk melakukan penggantian suku cadang bagian interior yang rusak tersebut.

ODOMETER

Ketiga, periksalah jarak tempuh yang ada di odooter mobil tersebut. Mobil yang keluar dari pabrik masih dalam keadaan 0 km. Untuk menerima dalam keadaan 0 pasti sangatlah sulit. Sebaiknya Anda jangan pernah menerima jika tercatat di odomoter melebihi 50 km. Kelebihan mencapai 100 km lebih membuat Anda bisa menuntut untuk melakukan penggantian unit.

 

PERLENGKAPAN STANDAR

Keempat, peralatan standar yang wajib ada berupa toolkit dan dongkrak wajib ada. Perlengkapan standar mobil ini akan menjadi sangat berguna disaat ada masalah di jalan nantinya. Mintalah pihak dealer untuk menunjukan dimana diletakan seluruh peralatan tersebut. Jangan lupa cek kondisi ban serep dengan baik. Guna menghindari penukaran ban saat pengiriman. Pernah terjadi satu kasus, ban serep terpakai karena salah satu pelek tergores terkena pembatas jalan saat pengriman.

FITUR

Kelima, pastikan seluruh fitur yang ada sesuai brosur bekerja dengan baik. Mintalah pihak dealer untuk memperagakan pengoprasian seluruh fitur yang ada sekaligus Anda memeriksanya.

TEST DRIVE

Keenam, lakukanah tes drive dan minta didampingi oleh pihak dealer. Mereka berguna sebagai saksi jika ada hal-hal janggal seperti bunyi-bunyi atau kejanggalan lainnya.

SURAT-SURAT

Ketujuh, cek surat dan dokumen mobil. Cek seluruh data telah tercantum dengan benar dan akurat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com