Mitsubishi Yang Ringsek Sampai 70% Bisa Kembali Mulus! Begini Prosesnya

Mitsubishi Yang Ringsek Sampai 70% Bisa Kembali Mulus! Begini Prosesnya

Mobil yang bodinya rusak parah hingga 70% akibat benturan saat kecelakaan dijamin bisa kembali mulus setelah ditangani fasiltas bengkel baru Mitsubishi. Hal itu dijamin oleh fasilitas bengkel dan cat Mitsubishi di Bekasi Timur, Jawa Barat. Pihak fasilitas bengkel ini menyebut bisa mengembalikan kondisi bodi mobil yang penyok bahkan blesek seperti kondisi semula.

Seperti yang dikatakan Supriyono selaku Manager Bodi dan Cat PT Sun Star Motor yang mengelola fasilitas ini, peralatan yang lengkap dan adanya teknisi ahli bodi jadi jaminan bengkel yang baru ada pertama kali di wilayah Jabodetabek ini. 

Contohnya sebuah Pajero Sport yang tengah direparasi oleh Supriyono dan timnya, sebelumnya SUV hitam ini kerusakan bagian depannya cukup parah akibat hantaman. "Jadi yang penyok dan masuk ke dalam kita tarik dengan alat dozer. Tidak ada proses pemanasan atau pembakaran material chassis, alat ini bekerja dengan mekanisme hidrolik. Kami bantu dengan ketok juga pada bagian yang rusak," jelas Supriyono pada OtoDriver di workshop-nya (30/1).

 

Sebelumnya panel-panel bumper dan grill wajib dilucuti untuk mempermudah reparasi material bodi dan sasis yang rusak

 

Penarikan material yang penyok dan berubah posisi bukan asal ditarik dengan dozer. "Kami ukur dengan alat khusus agar kembali ke posisi semula. Kami ada standar ukurannya untuk semua mobil Mitsubishi. Dengan begitu mobil yang kami tangani bisa kembali pulih 95 sampai 99 persen," yakin Supriyono.

Masih menurut Supriyono, jika mobil yang direparasi tak sesuai standar ukuran asli pabrikan maka bisa menyebabkan lari mobil tak stabil. Hal ini semakin krusial saat yang rusak adalah bagian samping mobil, terutama area yang mengikat suspensi. Maka ketelitian dan ketepatan pengerjaan mutlak jadi prinsip kerja bengkel hasil terobosan baru PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors ini.

 

Dozer (merah) bekerja menarik material ke posisi semual dengan sistem hidrolis

 

Lantas sampai seberapa parah kerusakan yang masih bisa ditangani oleh fasilitas ini? "Bodi mobil yang kecelakaan dan rusaknya sampai 70 persen masih bisa kita perbaiki jadi seperti semula, kok," sambungnya.

Sesuai namanya, fasilitas ini juga bisa mengerjakan pengecatan berstandar pabrikan. Bahkan pengerjaannya bisa per-panel maupun menyeluruh bodi. 

Alat ukur semacam penggaris digunakan untuk mengukur hasil tarikan dozer, apakah sudah sesuai standar semula atau belum

 

Untuk lamanya pengerjaan, Supriyono menyebut itu tergantung kerusakan mobilnya dan ketersediaan suku cadang. Sedangkan Arlan Marzuki selaku Deputy Group Head of MMC Service Group menyebut pengerjaan di fasilitas bengkel bodi dan cat ini ditargetkan selesai cepat tiap mobilnya. "Walau cepat, tapi kita jamin kualitasnya bagus. Kita beri garansi enam bulan untuk hasil pekerjaan. Kalo tidak puas silahkan datang lagi dan kita kerjakan gratis," ujar Arlan di kesempatan yang sama.

Karena fasilitas bengkel ini menyatu dengan dealer resmi Mitsubishi Sun Star tentu hanya menerima perbaikan mobil berlogo tiga berlian saja. Untuk harga, silakan datangi langsung bengkelnya. Saat ini sudah ada tiga fasilitas serupa, yakni di Bandung, Lampung dan Bekasi.

Direparasi sesuai bentuk dan standar Pajero Sport seperti sedia kala
Untuk kerusakan panel bodi yang penyok dikerjakan pakai alat pemantik panas

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com