Mesin Kecil Turbo Justru Kerja Lebih Berat, Ini Jenis Pelumas Yang Direkomendasi Pertamina

Mesin Kecil Turbo Justru Kerja Lebih Berat, Ini Jenis Pelumas Yang Direkomendasi Pertamina

Tren mobil bermesin turbo dengan displacement alias kapasitas silinder mengecil jamak ditemui belakangan ini. Ternyata mesin tersebut wajib pakai pelumas berperforma handal karena kerja dapur pacu itu justru lebih berat.

Dengan kapasitas kecil, pabrikan merancang unit tersebut agar punya efisiensi bahan bakar lebih baik. "Selain efisiensi BBM, mesin down sizing dirancang juga untuk menghasilkan tenaga yang besar. Nah, di situ sebenarnya mesin bekerja lebih berat," buka Totok Subagyo, Brand Manager PT Pertamina Lubricants pada OtoDriver di JCC Senayan, Jakarta (6/11).

 

 

Toto menjelaskan bahwa pelumas di mesin turbo punya tingkat stres lebih besar dari pada mesin non-turbo. Maka wajib hukumnya mesin turbo seperti Chevrolet Trax, Honda Civic Turbo dan mobil turbo lainnya pakai pelumas berbasis sintetik," saran Toto.

Pertamina Lubricants sendiri punya jajaran pelumas berspesifikasi sintetik berlabel Fastron. Jadi jika mobil bermesin turbo mau ganti pelumas dari yang dianjurkan pabrikan maka sebaiknya pilih yang sudah sintetik. 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com