Merugi, Fiat  Bakal Lepas Alfa Romeo Dan Maserati?

Merugi, Fiat Bakal Lepas Alfa Romeo Dan Maserati?

Fiat Chrysler Automobiles (FCA) saat ini sedang mengalami defisit keuangan secara grup dan menumpuk utang. FCA menutup 2016 ini dengan utang tak kurang dari 7 miliar dollar AS atau setara Rp 93,9 triliun.

Menurut yang diberitakan Forbes (27/12),  performa penjualannya sepanjang tahun 2016 tidak membantu kondisi keuangan akibat recall yang sudah dilakukan dengan jumlah cukup besar. Terlebih recall yang dilakukan juga menimbulkan denda dari regulator pemerintah Amerika Serikat. Ditambah lagi biaya yang harus ditanggung perusahaan untuk memberikan kompensasi ke konsumen.

Kondisi FCA yang seperti ini akhirnya membentuk rumor bahwa mereka akan menjual beberapa merek yang mereka payungi yaitu Alfa Romeo, Maserati dan Magneti Marelli. Pada tahun 2016 lalu FCA telah melepas Ferrari dan kini merek tersebut merupakan perusahaan yang terpisah.

 

Reuters

 

Sergio Marchionne sebagai pemimpin dari FCA padahal sudah mengubah fokus perusahaan dengan mengikuti tren yang lebih menggemari segmen SUV dan truk yang dilahirkan lewat merek Jeep dan RAM. Bentuk lainnya yang dilakukan juga menghentikan produksi sedan kecil dan medium seperti Dodge Dart dan Chrysler 200. Ternyata langkah ini pun juga tidak membantu perusahaan.

Di lain sisi, FCA sebetulnya berkesempatan meraup untung dengan akan hadirnya Alfa Romeo Stelvio dan SUV pertama Maserati bernama Levante. Kedua mobil itu memberikan peluang untuk menarik minat konsumen di luar Italia.

Volkswagen Group sempat dikabarkan berminat membeli Alfa Romeo sebagai salah satu portofolio merek mereka. Namun hal tersebut direncanakan sebelum perusahaan Jerman itu terlilit skandal emisi diesel.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com